Dark/Light Mode

Cegah Potensi Gangguan Keamanan, BNPT Bakal Luncurkan Desa Siap Siaga

Kamis, 18 Mei 2023 15:54 WIB
Kepala Sub Direktorat Kesiapsiagaan dan Pengendalian Krisis BNPT Indra Gunawan (Foto: Humas BNPT)
Kepala Sub Direktorat Kesiapsiagaan dan Pengendalian Krisis BNPT Indra Gunawan (Foto: Humas BNPT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Masyarakat desa punya peran penting dalam memelihara keamanan. Mereka diharapkan bisa ikut berpartisipasi dalam mencegah potensi gangguan keamanan yang dapat muncul kapan pun.

Pencegahan tersebut dapat dilakukan dari lingkungan terkecil, dengan membangun kesadaran bersama. Sehingga dapat meminimalisir dampak yang akan terjadi.

Melihat potensi pentingnya partisipasi masyarakat desa tersebut, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) akan meluncurkan sebuah inovasi dalam membangun kesiapsiagaan masyarakat yang dimulai dari tingkat desa.

Baca juga : Kasus Dugaan Pemerasan Kepala Kejari Buton, Jaksa Agung Akan Tindak Tegas

BNPT sedang menggodok program Desa Siap Siaga, berdasarkan hasil penilaian masyarakat di dalamnya sudah memiliki kesadaran sehingga dapat melakukan deteksi dan pencegahan dini.

"Desa Siap Siaga adalah desa atau kelurahan dengan penduduk yang memiliki tingkat kesadaran tinggi sesuai dengan alat ukur yang kami siapkan dalam hal mengantisipasi ancaman radikal terorisme di lingkungannya, artinya masyarakat bisa deteksi dini, cegah dini dan lapor dini," kata Kepala Sub Direktorat Kesiapsiagaan dan Pengendalian Krisis BNPT Indra Gunawan.

Hal ini disampaikannya dalam kegiatan Focus Group Discussion penyusunan materi pembinaan program kesiapsiagaan nasional Desa Siap Siaga di Jakarta 15-17 Mei 2023. 

Baca juga : Kasus Suap Pengurusan Perkara Di MA, KPK Bakal Panggil Penyanyi Windy Idol

Indra mengatakan, sebagai pilot project, program Desa Siapsiaga ini akan dilakukan terhadap salah satu desa yang berada di Provinsi Banten, dengan melakukan beberapa penilaian yang dilakukan satu bulan untuk mendapatkan hasil pengukuran keberhasilannya.

"Kami menentukan satu pilot project di Banten. Kemudian, kita bina selama satu bulan, lalu akan diukur indeks kesadaran masyarakat (IKM) pada desa tersebut sebelum dan sesudah pelaksanaan program sebagai indikator keberhasilan program," tambahnya.

Mendukung pernyataan BNPT, Akademisi Psikologi Komunikasi Abdul Malik Gismar menuturkan, jika sangat penting dalam memastikan kesiapan dan kesadaran masyarakat desa.

Baca juga : Menulis Tangan Bisa Tingkatkan Kemampuan Otak Dan Daya Ingat Anak

Sebabnya, karena kerap kali kejadian terror disebabkan akibat masyarakat bersikap acuh dengan lingkungan sekitar, selain itu juga dengan program ini diharapkan masyarakat dapat lebih tertib hukum.

"Sangat penting untuk memastikan desa-desa kita itu siaga, siaga terorisme jadi kalau mencium baunya ancaman-ancaman segera bertindak. Tidak main hakim sendiri tapi bertindak sesuai prosedur hukum," ujarnya.

Sebagai informasi, desa siap siaga kelak akan menjadi miniatur implementasi kesiapsiagaan secara nasional. Mengingat, Kesiapsiagaan Nasional merupakan salah satu program prioritas nasional dalam penanggulangan terorisme.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.