Dark/Light Mode

Wapres Pastikan Program Tol Langit Terus Lanjut

Selasa, 23 Mei 2023 21:17 WIB
Wapres KH Maruf Amin (ketiga kanan). (Foto: Setwapres)
Wapres KH Maruf Amin (ketiga kanan). (Foto: Setwapres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin menegaskan program Tol Langit terus berlanjut meskipun proyek Base Transceiver Station (BTS) 4G sedang bermasalah.

“Tol Langit itu memang sudah menjadi program nasional dan program strategis nasional. Karena itu, apapun yang terjadi akibat misalnya kemungkinan terjadinya korupsi itu, Tol Langit akan terus,” tegas Wapres saat memberikan keterangan pers usai membuka Asia Media Summit (AMS) ke-18 Tahun 2023 di Grand Hyatt Bali, Kawasan Wisata Nusa Dua BTDC, Jl. Nusa Dua, Benoa, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (23/5).

Bahkan, kata Wapres, saat ini Presiden Jokowi telah menunjuk Menko Polhukam Mahfud MD sebagai Plt. Menkominfo untuk melanjutkan program Tol Langit sebelum ditetapkannya pejabat definitif.

Baca juga : Wapres Ingatkan, Menteri Nyaleg Jangan Lupa Kerja

Menurut Wapres, program Tol Langit sangat esensial karena selain menjadi media penyampai perkembangan nasional termasuk keberhasilan ekonomi, juga untuk mendukung program belajar jarak jauh melalui internet. Tol Langit juga bagian dari upaya menyatukan dan mewujudkan NKRI. 

“NKRI bukan hanya kita wujudkan dalam bentuk politik tetapi dalam bentuk pelayanan, baik pelayanan yang sifatnya pembangunan jalan, pembangunan fasilitas dasar, [dan] juga termasuk fasilitas internet dan komunikasi,” paparnya.

Setelah adanya kasus BTS ini, Wapres pun mengimbau agar masalah-masalah yang terjadi dalam proyek tersebut diperbaiki. Wapres menekankan pentingnya pengawasan sejak tahap perencanaan.

Baca juga : Penuhi Panggilan DPP, Gibran: Saya Tegak Lurus Arahan Ketum

“Pengawasan itu harus sudah ada sejak tahap perencanaan, sehingga tidak hanya dilakukan setelah terjadi peristiwa, baru kita melakukan pengawasan,” pintanya.

Selain itu, kata Wapres, proses audit juga harus dimulai sejak awal, sehingga apabila terjadi penyimpangan tidak terlalu jauh karena segera terdeteksi. “Sistem dan regulasinya, dan tentu juga sumber daya manusianya juga harus diperbaiki, sebab peraturan pun kembali kepada SDM pelaksananya,” imbuhnya.

Terakhir, Wapres kembali menegaskan bahwa seluruh aspek yang memiliki celah penyebab terjadinya penyimpangan harus disempurnakan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.