Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

KSP Siap Jembatani Penguatan Kerja Sama RI-Iran

Rabu, 24 Mei 2023 10:41 WIB
Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko menerima Ketua Organisasi Perdagangan Iran Alireza Peymanpak, Ketua Government Trading Corporation Iran Seyed Saeed Rad beserta jajaran di Gedung Bina Graha Jakarta, Rabu (24/5). (Foto: KSP)
Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko menerima Ketua Organisasi Perdagangan Iran Alireza Peymanpak, Ketua Government Trading Corporation Iran Seyed Saeed Rad beserta jajaran di Gedung Bina Graha Jakarta, Rabu (24/5). (Foto: KSP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Staf Kepresidenan, Dr. Moeldoko menyambut baik komitmen kerja sama antara Indonesia dan Republik Islam Iran. Moeldoko mendukung penuh penguatan volume perdagangan kedua negara.

Hal tersebut dikatakan Moeldoko dalam pertemuannya dengan Ketua Organisasi Perdagangan Iran beserta jajaran di Gedung Bina Graha Jakarta, Rabu (24/5).

Menurut Moeldoko, Kantor Staf Presiden (KSP) siap menjadi jembatan bagi penguatan kerja sama Iran dan Indonesia. Hal ini dimungkinkan oleh tupoksi KSP yang dapat mengkomunikasikan hal-hal dengan seluruh Kementerian/Lembaga.

Baca juga : Bamsoet Dukung Tawaran Peningkatan Hubungan Bilateral RI-Iran

“Saya berharap nanti akan dibentuk Komite Kerjasama Indonesia dan Iran sehingga nanti kita bisa bangun komunikasi yang intens,” pesan Moeldoko.

Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) ini mengaku optimis bahwa perdagangan Indonesia-Iran bisa ditingkatkan. Walaupun saat ini, nilai kerja sama perdagangan dua negara masih dianggap sangat kecil, yakni di angka 257,2 juta dolar AS pada 2022. 

Moeldoko melihat, beberapa potensi kerja sama, misalnya di bidang perdagangan pupuk urea karena Iran dengan cadangan gas yang besar merupakan negara produsen global pupuk urea. Negara di wilayah timur tengah ini juga merupakan negara pengekspor buah-buahan dan banyak produk pertanian. 

Baca juga : Perempuan Pengusaha Indonesia Serukan Kerja Sama Global

“Misalnya, kerja sama di bidang pertanian, kita harus menimba ilmu dari Iran karena mereka memiliki teknologi yang maju. Bahkan saya berharap teknologi electrical vehicles (EV) juga dikerjasamakan,” kata Moeldoko.

Sebagai informasi, pada Selasa (23/5), Presiden Jokowi menyambut kedatangan Presiden Iran Seyyed Ebrahim Raisi di Istana Kepresidenan Bogor. Ini merupakan kunjungan pertama Presiden Seyyed ke Indonesia sejak menjabat sebagai presiden pada 3 Agustus tahun lalu. Kedua negara pun semakin berkomitmen untuk memperkuat hubungan bilateral yang sudah terjalin sejak 1950. 

Sementara itu, Ketua Organisasi Perdagangan Iran, Alireza Peymanpak mengatakan, Indonesia adalah negara hub yang berperan penting menjembatani hubungan Iran dengan negara-negara di kawasan ASEAN. “Iran sangat mencintai masyarakat Indonesia. Jadi ini bukan hanya tentang hubungan dua negara, tapi ini juga tentang penguatan hubungan masyarakat dua negara, salah satunya adalah melalui penguatan kerja sama ekonomi,” kata Alireza kepada Moeldoko.

Baca juga : Harkitnas 2023, Mentan Dorong Kebangkitan Kinerja Sektor Pertanian

Ia pun mengapresiasi sambutan baik Indonesia kepada Presiden dan delegasi Iran. Alireza juga memastikan bahwa pemerintahan Iran berkomitmen untuk terus memonitoring dan mengawal realisasi Preferential Trade Agreement (PTA) Indonesia-Iran yang telah ditandatangani oleh kedua pemimpin negara. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.