Dark/Light Mode

Kemendagri Promosikan Produk Unggulan Daerah DI TMII

Kamis, 1 Juni 2023 15:44 WIB
Direktur Ketahanan Ekonomi, Sosial, dan Budaya Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Aang Witarsa di TMII, Kamis (1/6).
Direktur Ketahanan Ekonomi, Sosial, dan Budaya Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Aang Witarsa di TMII, Kamis (1/6).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar kegiatan Indonesia Maju Expo and Forum 2023 dari 1-4 Juni 2023 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Forum Indonesia maju digelar untuk mempromosikan produk-produk unggulan daerah.

"Kegiatan Indonesia Maju Expo and Forum 2023 dalam rangka mempromosikan potensi dan produk-produk unggulan daerah dengan mengusung Tema Transformasi Ekonomi dan Nasionalisme untuk Indonesia Berkelanjutan," kata Direktur Ketahanan Ekonomi, Sosial, dan Budaya Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Aang Witarsa di TMII, Kamis (1/6).

Baca juga : Semoga Cedera Christian Tidak Parah

Aang menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional. Caranya, dengan memperkuat penggunaan produk dalam negeri yang dihadirkan pelaku UMKM melalui skema bangga, cinta, dan pakai produk Indonesia.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan kedaulatan secara politik, kemandirian ekonomi, dan bangsa yang berkepribadian dalam berkebudayaan," tambahnya.

Adapun kegiatan ini diikuti sebanyak 118 peserta pameran dan 1.000 undangan yang terdiri atas perwakilan Kementerian/Lembaga Pusat, Pemerintah Daerah, BUMN, BUMD, industri strategis nasional, dan dunia usaha swasta nasional.

Baca juga : BSKDN Kemendagri Tegaskan Dokumen RKP Harus Memuat Aspirasi Masyarakat

Ada pula perwakilan Badan Layanan Umum, Lembaga Pendidikan Tinggi dan Intelektual, Kelompok Pemuda, Organisasi Profesi, UMKM, Koperasi, Kelompok Masyarakat Penggiat Budaya, dan Kuliner Pangan Lokal.

"Materi pameran dan produk yang ditampilkan peserta kepada pengunjung terdiri atas profil daerah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah periode 2020-2024, serta pembangunan infrastruktur konektivitas darat, laut, dan udara," ujar dia

Selain itu, ada pula program nasional dan pembangunan berkelanjutan, produk unggulan daerah, produk wisata, seni, dan produk ataupun jasa dari BUMN, BUMD, serta BUMDes.

Baca juga : KAI Promosikan Produk Unggulan UMKM Ke Daerah

Kemudian terdapat sosialisasi terkait katalog elektronik pengadaan barang, jasa Pemerintah, edukasi cara membatik, dan festival kuliner.

Dalam kegiatan ini, para pengunjung dapat menyaksikan Festival Sambal Nusantara, penampilan seni, budaya daerah, tarian-tarian tradisional, pameran busana karya Tuty Cholid yang terinspirasi dari kekayaan budaya Indonesia berkolaborasi dengan peserta pameran, dan festival sajian pangan lokal.

"Waktu dan tempat acara dilaksanakan dimulai dari hari ini, Kamis, tanggal 1 Juni sampai Minggu, 4 Juni 2023, bertempat di Plaza Senayan TMII," tutup Aang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.