Dark/Light Mode

Pemerintah Optimis, 2024 Bebas Malaria

Minggu, 18 Juni 2023 14:09 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah optimis target eliminasi malaria yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) tahun 2020-2024 akan tercapai.

Optimisme ini semakin kuat lantaran jumlah daerah yang bebas dari malaria terus bertambah dari waktu ke waktu.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Maxi Rein Rondonuwu menyebut, saat ini sudah 381 dari 405 daerah yang berhasil mencapai eliminasi malaria.

Baca juga : Pemerintah Naikkan Batasan Harga Rumah Yang Bebas PPN, Ini Rinciannya

“Menurut penilaian kami sudah mendekati, karena target kita di RPJMN 2024 ada 405 kabupaten yang eliminasi, sekarang sudah 381 kabupaten/kota, tinggal sedikit, dengan harapan tahun 2024 bisa lunas,” kata Dirjen Maxi pada peringatan Hari Malaria Sedunia, di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, seperti keterangan yang diterima RM.id, Minggu (18/6).

Untuk menggapainya, perlu itikad dan komitmen bersama dari seluruh pemangku kepentingan serta masyarakat.

Salah satunya, dengan mengadopsi praktik baik yang sudah dilakukan oleh 5 provinsi yakni Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan Bali yang telah berhasil mencapai eliminasi malaria.

Baca juga : Pemerintah Dorong PLN Perluas Pemanfaatan FABA PLTU

“Kita lihat sudah 20-an kota/kabupaten yang sudah membaik, saya yakin target di tahun 2024 bisa tercapai. Yang terpenting komitmen kita bersama untuk bisa mengeliminasi malaria,” tegasnya.

Dirjen Maxi menambahkan, dengan Indonesia yang bebas dari malaria akan memberikan dampak baik bagi Indonesia.

Menurutnya, semakin banyak daerah yang bebas malaria maka kepercayaan dunia luar terhadap Indonesia semakin tinggi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.