Dark/Light Mode

Kunker Ke Sumedang, Airlangga Jajal Tol Cisumdawu-Salurkan KUR

Jumat, 23 Juni 2023 17:23 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto salurkan KUR di Sumedang, Jawa Barat. (Foto: Ist)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto salurkan KUR di Sumedang, Jawa Barat. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto  meninjau progres pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Jawa Barat, Jumat (23/6). Jalan tol yang menjadi penghubung menuju Bandara Kertajati itu merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

Dalam kunjungan kerja tersebut, Airlangga didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Selain mempercepat waktu tempuh menuju Bandara Kertajati menjadi hanya sekitar 1 jam, jalan tol ini juga menghadirkan pemandangan yang indah dengan menyuguhkan panorama Gunung Tampomas dan Gunung Manglayang. Jalan tol ini juga memiliki Twin Tunnel.

Baca juga : Airlangga Cek Kondisi Ekonomi Pasca Pandemi

Selain itu, Jalan Tol Cisumdawu juga telah menerapkan salah satu inovasi teknologi khusus dan canggih, yakni menggunakan Geofoam EPS dalam pembangunannya. Geofoam EPS memiliki bobot yang ringan sehingga mengurangi risiko longsor apabila digunakan untuk menangani lapisan tanah yang labil dan berair pada Seksi 5A, dibandingkan dengan penggunaan timbunan atau urukan tanah biasa.

Tak hanya jalan Tol Cisumdawu, kesiapan pembangunan sarana dan prasarana penunjang seperti rest area juga turut ditinjau oleh Airlangga dan rombongan. Airlangga juga melakukan penanaman pohon secara simbolis guna mendukung Upaya Green PSN, di mana penanaman pohon ini akan dilaksanakan di seluruh proyek PSN.

Airlangga juga menyempatkan untuk berdiskusi dengan Gubernur Ridwan Kamil terkait beberapa proyek PSN di Jawa Barat seperti Bendungan Cipanas, Bendungan Sadawarna, Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), Pelabuhan Patimban, Bandara Kertajati dan Aerocity, dan ITB Cirebon. Airlangga berharap agar penyelesaian PSN di Jawa Barat dapat dipercepat supaya mampu menjadi pondasi Jawa Barat untuk meningkatkan perekonomiannya, sehingga dapat turut mendukung visi besar Indonesia menuju Indonesia Emas di 2045.

Baca juga : Pemilu Tetap Sistem Terbuka, Airlangga Jempolin MK

“Selain jalan tol, ada juga 7 bendungan. Kemudian juga beberapa proyek lain termasuk pengembangan kawasan-kawasan. Pelabuhan patimban juga terus didorong, karena Jawa Barat ini, daerah Rebana ini, merupakan daerah industri otomotif dan sekaligus pertanian,” kata Airlangga

Salurkan KUR 

Kunjungan kerja Airlangga beserta rombongan di Jawa Barat kemudian dilanjutkan ke Pendopo Pusat Pemerintahan Sumedang. Airlangga secara simbolis menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada beberapa debitur dan berdiskusi singkat dengan para warga yang hadir dalam acara Edukasi dan Literasi Keuangan Inklusif, KUR, dan KEJAR bagi Pemuda, Perempuan, dan UMK yang Berkelanjutan. 

“Plafon (KUR) yang disediakan Pemerintah tahun lalu Rp 370 triliun. Dan tahun ini Rp 450 triliun. Jadi Pak Bupati, bisa digenjot Kredit Usaha Rakyat sebanyak-banyaknya, karena plafonnya ada, dan tahun kemarin sektor pertanian Rp 70 triliun,” ujar Airlangga.

Baca juga : Airlangga Temui Parlemen Dan Komisi Eropa, Selesaikan Urusan Sawit

Setelah shalat Jumat di Masjid Agung Sumedang, Airlangga juga turut menyumbangkan satu ekor sapi kepada panitia kurban di Masjid Agung Sumedang untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.