Dark/Light Mode

Cek Progres Pembangunan Jalan Tol Cisumdawu

Airlangga: Pemandangan Indah, Teknologi Canggih

Sabtu, 24 Juni 2023 07:45 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil saat kunjungan di Tol Cisumdawu, Sumedang, Jumat (23/6/2023). (ANTARA/Imamatul Silfia)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil saat kunjungan di Tol Cisumdawu, Sumedang, Jumat (23/6/2023). (ANTARA/Imamatul Silfia)

 Sebelumnya 
“Cisumdawu beroperasi, Ker­tajatinya full beroperasi, semua perkembangan infrastruktur pasti menambah sekian persen pertumbuhan,” katanya.

Direktur Jalan Bebas Ham­batan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Triono Junoasmono mengatakan, peresmian Tol Cisumdawu akan dilakukan bulan Juni ini.

“Setelah peresmian, mudah-mudahan bisa beroperasi penuh. Kita targetkan awal Juli sudah beroperasi penuh,” ujar Triono.

Baca juga : Tinjau Tol Cisumdawu, Airlangga: Jalannya Mulus Sampai Sumedang Dan Nyaman

Menurutnya, peresmian tol Cisumdawu tinggal menunggu ketersediaan waktu Presiden Jokowi.

Setelah diresmikan, tol terse­but akan beroperasi penuh tanpa dikenakan tarif atau gratis se­lama dua minggu.

Triono menegaskan, secara umum semua badan jalan Tol Cisumdawu sudah selesai dan progres pembangunannya ham­pir 100 persen.

Baca juga : Percepat Pembangunan Jalan Tol Padang-Sicincin, Menteri Hadi Optimis Tol Segera beroperasi

Saat ini, kata Triono, penanggung jawab proyek hanya tinggal melakukan perapihan-perapihan serta pembersihan pada ruas jalan tol tersebut.

Dia menilai, Tol Cisumdawu memiliki dampak besar terha­dap perekonomian masyarakat, khususnya di Jawa Barat.

Tol tersebut terhubung dengan Bandara Kertajati serta beberapa kawasan strategis seperti Bandung, Cileunyi, Sumedang dan Cirebon.

Baca juga : Airlangga Dorong Penguatan Kemitraan Indonesia-Inggris

“Harapan kita, tol ini bu­kan hanya memangkas waktu tempuh, tapi pengembangan kawasan sekitarnya. Dulu dari Bandung ke Sumedang bisa sampai 3 jam, mudah-mudahan dengan tol ini sekarang bisa 1 jam,” harapnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.