Dark/Light Mode

Keterlibatan Masyarakat Sipil Jadi Poin Penting Efektivitas Pelaksanaan RAN PE

Selasa, 27 Juni 2023 20:40 WIB
Foto: Humas BNPT
Foto: Humas BNPT

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT) Bangbang Surono mengatakan, pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme (RAN PE) memerlukan keterlibatan aktif seluruh pihak.

Dengan begitu, bisa berjalan secara efektif sekaligus memperkuat kerja sama antara pemerintah dan masyarakat sipil dalam membangun masyarakat yang lebih aman dan toleran.

Menurutnya, kerja sama dan pelibatan masyarakat sipil bahkan menjadi salah poin penting yang menentukan keberhasilan pelaksanaan RAN PE.

Baca juga : Kementerian BUMN Ajak Masyarakat Beralih Pakai Molis

"Keterlibatan aktif masyarakat sipil melalui pokja tematis juga telah memberikan nilai tambah dalam bentuk pengetahuan dan pengalaman yang beragam dari berbagai sektor masyarakat terhadap implementasi RAN PE," ujar Bangbang Surono.

Hal itu disampaikannya saat memimpin Rapat Koordinasi Kelompok Kerja Tematis 2023 Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan di Gedung BUMN, Jakarta, Selasa (27/6).

Bangbang menambahkan, RAN PE telah memberikan kontribusi positif dan menunjukan hasil capaian kerja organisasi masyarakat sipil yang signifikan dalam menjalankan upaya pencegahan, dan penanggulangan ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme di Indonesia.

Baca juga : Sinergi Bareng Masyarakat, Tanamkan Stigma Postif Pada Polri

Capaian ini, kata dia, tidak hanya menjadi pendorong, terhadap keberlanjutan terhadap upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme.

"Namun juga dapat memberikan inspirasi bagi kita semua, untuk mewujudkan Indonesia yang lebih aman dan damai melalui kolaborasi multi-pihak ini," bebernya.

Dalam kesempatan tersebut, Bangbang Surono berharap, Rapat koordinasi kedua pokja tematis ini dapat dioptimalkan untuk mendiskusikan berbagai langkah dan strategi pelaksanaan RAN PE tahun 2023.

Baca juga : Usbat Ganjar Edukasi Masyarakat Serdang Begadai Tentang Shalat Khusyu

"Kami juga berharap, kerja-kerja yang dilakukan oleh masyarakat sipil dapat menghasilkan rumusan-rumusan rekomendasi, yang dapat dijadikan bahan masukan bagi pemerintah untuk dapat lebih mengoptimalkan pencapaian pelaksanaan RAN PE pada tahun 2023 ini," harap Bangbang.

Turut mendampingi Bangbang, Deputi bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT Irjen Ibnu Suhaendra, Direktur Perlindungan Brigjen Imam Margono dan Direktur Penindakan Brigjen M. Rosidi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.