Dark/Light Mode

Bersih-bersih Pantai, Menhub: Semoga Bisa Kurangi Sampah Plastik

Kamis, 12 September 2019 15:38 WIB
Suasana bersih-bersih laut bersama Menteri Perhubungan Budi Karya di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Kamis (12/9). (Foto: Dok. Kemenhub)
Suasana bersih-bersih laut bersama Menteri Perhubungan Budi Karya di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Kamis (12/9). (Foto: Dok. Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Siang tadi, Ditjen Perhubungan Laut (Hubla), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), melakukan kegiatan bersih-bersih laut dan pantai di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara. Menhub Budi Karya Sumadi ikut langsung dalam kegiatan itu. Menhub berharap, kegiatan itu dapat mengurangi sampah plastik di laut.

“Tujuan utama kegiatan ini bukan hanya memecahkan rekor MURI. Melainkan juga diharapkan dapat menurunkan peringkat Indonesia sebagai penghasil sampah di laut kedua di dunia,” jelas Menhub, di sela acara.

Menhub mengapresiasi seluruh jajaran Kemenhub dan stakeholder transportasi yang berkomitmen untuk membersihkan sampah di laut dan pantai Indonesia. Menhub menjelaskan, sudah saatnya mengubah pola pikir yang tadinya menganggap laut adalah halaman belakang rumah, menjadi halaman depan rumah yang bersih dan indah. 

Baca juga : Gowes Nusantara Purbalingga Diharapkan Mampu Lahirkan Atlet Nasional

Dengan perubahan pola pikir tersebut, diharapkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah di laut semakin meningkat. “Jadi ini komitmen dari masyarakat laut Indonesia untuk membersihkan laut yang bisa memberikan inspirasi bagi kita dan wisatawan yang datang ke Indonesia,” ucap Menhub.

Menhub menjelaskan, ke depannya Kementerian Perhubungan akan membuat SOP untuk seluruh kapal-kapal agar tidak membuang sampah di laut. Selain itu juga sampah plastik harus bisa didaur ulang agar tidak berbahaya sebelum dimusnahkan. 

“Saya ingin kegiatan ini tidak simbolik saja. Tetapi ke depan dibuat suatu SOP bersama dengan stakholder terkait seperti INSA. Agar bagaimana Kapal-kapal itu jangan buang sampahnya di tengah laut,” kata Menhub.

Baca juga : BPOM Serukan Gerakan Buang Sampah Obat

Dalam acara tersebut, Menhub melakukan video teleconference dengan 8 pelabuhan di Idonesia, yaitu Pelabuhan Ambon, Bitung, Balikpapan, Benoa, Makasar, Sabang, Tanjung Emas dan Belawan. Menhub menyampaikan kepada seluruh insan perhubungan di setiap daerah untuk tetap semangat melakukan bersih-bersih laut dan pantai. 

“Semua harus tetap semangat melakukan bersih-bersih laut dan pantai ya. Peringkat kita harus turun dan keluar dari 10 besar (penyumbang sampah plastik di laut),” tandas Menhub. 

Kegiatan bersih-bersih ini dilakukan serentak di 260 Pelabuhan se-Indonesia dan telah memecahkan rekor MURI.  Kegiatan merupakan rangkaian acara Hari Perhubungan Nasional Tahun 2019. Harapannya, pada 2025 sampah plastik di laut Indonesia dapat berkurang hingga 70 persen. Total peserta mencapai 100 ribu orang di seluruh Indonesia. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.