Dark/Light Mode

Moeldoko: Alumni UT Harus Berani Melakukan Perubahan

Selasa, 11 Juli 2023 17:18 WIB
Kepala Staf Kepresidenan, Dr Moeldoko memotivasi ribuan wisudawan/wati pada Wisuda Universitas Terbuka Periode II Tahun Akademik 2022/2023, di Universitas Terbukan Convention Center UTCC, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Selasa (11/7)
Kepala Staf Kepresidenan, Dr Moeldoko memotivasi ribuan wisudawan/wati pada Wisuda Universitas Terbuka Periode II Tahun Akademik 2022/2023, di Universitas Terbukan Convention Center UTCC, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Selasa (11/7)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengajak lulusan Universitas Terbuka (UT) meluruskan stigma UT di mata masyarakat. Di mana selama ini UT masih dicitrakan sebagai perguruan tinggi kelas rendahan yang tidak bermutu.

"Ini sama sekali tidak benar. Kita semua harus meluruskan stigma kurang baik itu. Dan anda semua jangan merasa rendah diri,” tegas Moeldoko di hadapan ribuan wisudawan/wati pada Wisuda Universitas Terbuka Periode II Tahun Akademik 2022/2023, di Universitas Terbukan Convention Center (UTCC) Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Selasa (11/7).

Moeldoko yang juga jebolan Universitas Terbuka Program Studi Ilmu Pemerintahan ini didapuk sebagai Ketua Ikatan Alumni (IKA) UT periode 2019-2024.

Baca juga : Relawan Asandra Tebar Kebaikan Melalui Kegiatan Berbagi Sembako

Menurutnya, untuk meluruskan pandangan negatif terhadap UT, maka alumni harus mampu menunjukkan kiprahnya dan melakukan satu perubahan. Kuncinya, berani untuk melangkah.

Moeldoko pun mencuplik formula kepemimpinan yang Ia tuliskan pada bukunya M-Leadership, Berani Memimpin.

"Resepnya tiga M, _Move_ (bergerak), _Motivate_ (memotivasi), _Make Different_ (membuat perbedaan),” terangnya.

Baca juga : Bamsoet Ajak Alumni ITB Manfaatkan SDA Untuk Kesejahteraan Rakyat

Selama ini, sambung dia, sebagian besar orang tidak berani bergerak dan melangkah untuk melakukan sesuatu, dan hanya menunggu.

Padahal, sikap tersebut sangat dibutuhkan untuk membangun motivasi dan membuat perbedaan.

"Contohnya saya. Kalau dulu saya tidak bergerak mengambil keputusan untuk keluar dari lingkungan kemiskinan, saya tidak bisa mencapai posisi seperti saat ini,” ungkapnya.

Baca juga : Nekat Bertarung Lawan Beruang

"Jadi jangan pernah takut untuk bergerak untuk melakukan sesuatu. Bangun motivasi diri kalian, dan nanti buatlah hal yang beda agar kalian terlihat,” pungkas Moeldoko.

Sebagai informasi, Universitas Terbuka (UT) menggelar wisuda bagi 1.716 lulusan dari mulai jenjang diploma, sarjana S1, dan pascasarjana dari berbagai daerah. Wisuda yang mengusung tema "Bangkit Bergerak Bersama UT PTN BH ini, menganugerahkan Ketua MPR , Bambang Soesatyo yang lulus S1 dari Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik (FHISIP) sebagai wisudawan kehormatan.

"Penganugerahan wisudawan kehormatan ini diharapkan bisa memberi inspirasi dan dampak positif kepada masyarakat, sekaligus meluruskan stigma negatif UT,” ujar Rektor Universitas Terbuka, Ojat Djarot.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.