Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

UP Gandeng BPIP Perkuat Nilai-nilai Pancasila Sejak Dini

Selasa, 18 Juli 2023 20:40 WIB
Penandatanganan kerja sama antara Universitas Pancasila dengan BPIP, di Jakarta, Selasa (18/7). (Foto: Dok. UP)
Penandatanganan kerja sama antara Universitas Pancasila dengan BPIP, di Jakarta, Selasa (18/7). (Foto: Dok. UP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Pancasila (UP) secara resmi menjalin kerja sama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Perjanjian ini ditandatangani langsung Rektor UP Prof Edie Toet Hendratno dengan Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan BPIP Prakoso, di Fakuktas Hukum Universitas Pancasila (FHUP), Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (18/7). Penandatanganan disaksikan langsung Ketua Pembina Yayasan Pendidikan dan Pembina Universitas Pancasila (YPP UP) Siswono Yudo Husodo dan Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi.

Siswono Yudo Husodo mengatakan, kerja sama Universitas Pancasila dengan BPIP ini untuk memperkuat generasi muda memahami ideologi Pancasila di tengah gempuran ideologi melalui teknologi digital saat ini.

Baca juga : BRIN Gandeng UTM Tingkatkan Kolaborasi Riset Dan Inovasi

Sebagai implementasi langsung dari kerja sama ini dilakukan Bedah Buku "Pancasila Dari Indonesia untuk Dunia" dengan narasumber Menteri Luar Negeri periode 2001-2009 Hassan Wirajuda dan peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (PRP-BRIN) Prof Asvi Warman Adam. Bedah buku dihadiri sejumlah tamu penting dan perwakilan dari civitas akademika UP.

Rektor UP Prof Edie Toet Hendratno menuturkan, sejalan dengan visi UP, yaitu “Menjadi Universitas yang Unggul dan Terkemuka berdasarkan Nilai-Nilai Luhur Pancasila”, penyelenggaraan kegiatan ini sangat penting untuk sebagai bentuk komitmen kebangsaan bersama antara UP dan BPIP.

Baca juga : Bamsoet Ajak MPW PP Sulsel Tegakan Nilai-nilai Luhur Pancasila

Buku "Pancasila dari Indonesia untuk Dunia" ini diterbitkan BPIP yang tulis Direktur Eksekutif Pusat Studi Pancasila Universitas Pancasila (PSP UP) Darmansjah Djumala. Buku ini menjadi bukti bahwa nilai-nilai Pancasila bukan hanya dipahami dan dipegang teguh oleh bangsa Indonesia, tetapi senantiasa diimplementasikan dalam setiap kesempatan. Indonesia ikut serta mewujudkan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial dalam upaya mewujudkan perdamaian dunia dan kekeluargaan bangsa-bangsa.

"Diharapkan, dengan adanya penandatangan perjanjian kerja sama dan bedah buku ini menjadi titik awal dari lahirnya kegiatan-kegiatan bersama yang akan menjadi aliran nilai-nilai Pancasila yang dimulai dari civitas akademika UP yang kemudian akan disampaikan secara luas ke masyarakat umum dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sehingga nilai-nilai luhur Pancasila tetap lekat implementasinya dalam kehidupan sehari-hari serta menjadi potret nyata dari setiap butir nilai-nilai Pancasila," ungkap Edie Toet.

Baca juga : Romo Benny: Tanamkan Ideologi Pancasila Kepada Anak Sejak Usia Dini

Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi menambahkan, semangat menanamkan nilai-nilai Pancasila, khususnya dalam Penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi, sangat penting untuk terus dikedepankan. Terlebih menyandang nama besar ideologi bangsa yaitu “Pancasila”, maka tanggung jawab tersebut menjadi kesadaran dan niat luhur bagi UP untuk terus menggemakan Pancasila.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.