Dark/Light Mode

Bangun Kota Masa Depan, Otorita IKN Kerja Sama Dengan Shenzhen

Sabtu, 29 Juli 2023 19:43 WIB
Kepala Otorita IKN Bambang Susantono (kiri) dan Wali Kota Shenzhen Qin Weizhong menyepakati kerja sama lebih erat membangun kota masa depan, antara Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Kota Shenzen. (Foto: dok. OIKN)
Kepala Otorita IKN Bambang Susantono (kiri) dan Wali Kota Shenzhen Qin Weizhong menyepakati kerja sama lebih erat membangun kota masa depan, antara Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Kota Shenzen. (Foto: dok. OIKN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono bertemu dengan Wali Kota Shenzhen Qin Weizhong, untuk menindaklanjuti pertemuan antara Presiden Jokowi dan Presiden China Xi Jinping, yang menyepakati kerja sama lebih erat membangun kota masa depan, antara Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Kota Shenzen, pada 27 Juli lalu.

Dalam kunjungan ini, Kepala OIKN juga bertemu dengan Urban Planning and Design Institute of Shenzhen (UPDIS), sebagai institusi yang ikut dalam proses pengembangan Kota Shenzhen.

 


Kepala OIKN juga berkesempatan meninjau command center di Shenzhen, serta menyaksikan implementasi beberapa teknologi terakhir terkait smart city yang telah dikembangkan di Kota Shenzhen.

Baca juga : Indonesia-Hong Kong Kian Mesra,16 MoU Kerja Sama Diteken

Dalam pertemuan dengan Kepala OIKN, Qin Weizhong membagikan pengalamannya dalam membangun Shenzhen, yang bertransformasi dari kota kecil menjadi metropolis dalam 40 tahun terakhir.

Saat ini, Shenzhen telah menjadi salah satu dari 10 pusat keuangan global, salah satu kota cerdas terbaik di China, dan menjadi rujukan pengembangan kota-kota lain di dunia.

Dilatari pengalaman ini, Wali Kota Shenzhen menawarkan dukungannya untuk turut serta dalam pembangunan dan pengembangan IKN.

Tawaran tersebut, disambut baik oleh Kepala OIKN. Pintu kerja sama untuk saling bertukar pengetahuan, dan mendorong investasi antara Shenzhen dengan IKN terbuka lebar.

Baca juga : Dubes Thailand Bertemu Ganjar, Jajaki Kerja Sama Pertanian Dan Green Energy

Kepala OIKN memuji transformasi Shenzhen dalam empat dekade terakhir, yang hingga kini masih menjadi salah satu rujukan di bidang perencanaan kota.

"Untuk mewujudkan visi sebagai kota hutan yang cerdas dan berkelanjutan, IKN terus belajar dan menyerap pengetahuan dari berbagai kota-kota maju di dunia," tutur Kepala OIKN.

"Sebagai kota baru yang sedang dibangun pada fase awal, Nusantara cocok menimba pengalaman dalam perencanaan dan pembangunan Shenzhen, yang sukses bertransformasi dalam 40 tahun terakhir," papar Kepala OIKN.

Kunjungan ke Kota Shenzhen ini dihadiri juga oleh Deputi Bidang Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Rachmat Kaimuddin, serta Deputi Transformasi Hijau dan Digital Prof. Mohammed Ali Berawi, Deputi Pendanaan & Investasi Agung Wicaksono, dan Staf Khusus Bidang Manajemen Pengetahuan Cahyadi Indrananto dari OIKN.

Baca juga : DPR: Selaras Dengan Kehendak Rakyat Nih

Nota kesepahaman (MoU) kerja sama antara IKN dan Shenzhen ditandatangani pada Kamis (27/7) lalu, di sela pertemuan Presiden RI Joko Widodo dan Presiden RRT Xi Jinping.

Perjanjian ini ditandatangani oleh Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan bersama Kepala OIKN Bambang Susantono yang mewakili Pemerintah Indonesia, serta National Development and Reform Commission (NDRC) Zheng Shanjie bersama Walikota Shenzhen Qin Weizhong mewakili Pemerintah China. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.