Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Indonesia-Hong Kong Kian Mesra,16 MoU Kerja Sama Diteken

Rabu, 26 Juli 2023 22:10 WIB
Penandatanganan kerja sama di bidang keuangan, perdagangan, teknologi, dan pertukaran budaya antara RI dan Hong Kong, di Jakarta, Rabu (26/7). (Istimewa)
Penandatanganan kerja sama di bidang keuangan, perdagangan, teknologi, dan pertukaran budaya antara RI dan Hong Kong, di Jakarta, Rabu (26/7). (Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hubungan Indonesia dengan Hong Kong semakin mesra. Hal ini terjadi setelah 16 memorandum of understanding (MoU) yang mencakup kerja sama di bidang keuangan, perdagangan, teknologi, dan pertukaran budaya ditandatangani hari ini, di Jakarta, Rabu (26/7).

MoU bertajuk 'Indonesia-Hong Kong: Partnering for Success' ditandatangani dalam rangka kunjungan delegasi bisnis Hong Kong yang diselenggarakan oleh Hong Kong Trade Development Council (HKTDC) dipimpin oleh Chief Executive Hong Kong Special Administrative Region Hong Kong Special Administrative Region (HKSAR) John Lee dan didampingi sejumlah pejabat utama HKSAR lainnya.

John Lee mengatakan, ASEAN adalah mitra dagang terbesar kedua Hong Kong secara global.

"Di antara negara-negara ASEAN, Indonesia adalah negara terbesar. Kami di sini untuk mengonsolidasikan persahabatan dengan Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya dan memperkuat kerja sama jangka panjang untuk pertumbuhan bersama," katanya.

Baca juga : Kunjungi Indonesia, Delegasi Hong Kong Siap Kerja Sama Bisnis

HKTDC Chairman Peter K N Lam menilai, Hong Kong adalah mitra yang sempurna bagi perusahaan Indonesia untuk memasuki pasar China bahkan mendunia.

"Saat Belt and Road Initiative memasuki tahun ke-10, kedua negara dapat bekerja sama untuk memanfaatkan peluang dari fase baru kerja sama dan pembangunan berkelanjutan," ujarnya.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengucapkan terima kasih atas kunjungan delegasi HKSAR dan para pemimpin bisnis Hong Kong.

Jerry percaya kunjungan ini akan menguntungkan kedua belah pihak.

Baca juga : Indonesia-Inggris Siap Garap Kerja Sama Ekonomi Digital Dan Energi Terbarukan

"Hong Kong adalah mitra dagang penting bagi Indonesia, dan saya optimis hubungan Indonesia-Hong Kong akan semakin kuat dan saling menguntungkan," katanya.

Jerry mengungkapkan, Hong Kong telah menjadi mitra yang sangat solid bagi Indonesia.

"Total perdagangan Indonesia dengan Hong Kong telah mencapai 2,1 miliar dolar AS dari Januari-Maret 2023. Adapun total perdagangan tahun lalu, saya kira mencapai 5,9 miliar dolar AS," ungkapnya.

Adapun, 16 MoU yang ditandatangani adalah HKTDC dan Kementerian Perdagangan, HKTDC dan Kementerian Perindustrian, HKTDC dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, HKTDC dan Kadin, Investasi HK dan Kadin.

Baca juga : Sri Mulyani Perkuat Kerja Sama Bilateral

Selain itu Observatorium Hong Kong dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), HKEX dan Bursa Efek Indonesia (BEI), Grup Mitra Nilai dan Manajemen Aset STAR.

Lalu, BOC International Holding Ltd dan "Industri Tsingshan, dan BOC Cabang HK Jakarta", BOC International Holding Ltd dan "J&T Jitu Express, dan BOC HK Cabang Jakarta".

Kemudian, Asosiasi Manajemen Aset Cina Hong Kong (CAMA) dan Asosiasi Manajemen Aset Indonesia, CCB International (Holdings) Ltd dan J&T Jitu Express, Grup Teknologi Kedirgantaraan Hong Kong dan Bakrie & Brothers, HSBC dan Hutchison Ports Indonesia, Media Asia Group Holdings Limited dan MNC Media, Templewater Hong Kong dan China International Marine Containers (Group) Ltd, (CIMC) dan Eternal Tsingshan Group Ltd.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.