Dark/Light Mode

BNPT Launching CSIRT Dukung Keamanan Siber Dalam SPBE

Selasa, 1 Agustus 2023 18:21 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melakukan launching Computer Security Incident Response Team (CSIRT).

Hal itu dilakukan dalam mendukung Keamanan Siber dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Kegiatan Launching CSIRT Sektor Pemerintahan Pusat digelar di Aula Kantor Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Sawangan, Depok, Jawa Barat, Selasa (1/8).

Sekretaris Utama BNPT Bangbang Surono mengatakan, dengan adanya CSIRT, SPBE di lingkungan BNPT akan berjalan dengan aman dan terlindungi.

Baca juga : Sri Mulyani: Kemenkeu Dukung Reformasi Dan Kinerja Kejagung Lewat APBN

"CSIRT-BNPT akan berperan penting dalam mendeteksi, mencegah, dan menangani ancaman keamanan siber guna melindungi infrastruktur informasi yang vital dan penting bagi keberlangsungan negara," katanya.

Dia menjelaskan, CSIRT-BNPT bertujuan mengelola keamanan informasi dengan prinsip jaminan keamanan informasi yaitu ketersediaan, keutuhan dan kerahasiaan.

"CSIRT-BNPT akan mewujudkan pengelolaan keamanan informasi di lingkungan BNPT sesuai dengan prinsip keamanan informasi.

Yaitu, menjamin ketersediaan (availability), keutuhan (integrity), dan kerahasiaan (confidentiality) terhadap seluruh aset informasi BNPT," jelasnya.

Baca juga : ENESIS GROUP Dukung PelayananPrima Bagi Tenaga Kesehatan

Sementara Kepala BSSN Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian menyatakan, CSIRT dapat diibaratkan layaknya pasukan yang berusaha mengamankan ruang siber nasional.

"Dengan adanya ruang siber. Ada tantangan dan ancaman. CSIRT hadir layaknya pasukan yang menjaga keamanan di ruang siber. Termasuk menjaga keamanan SPBE," ujarnya.

Sementara Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana pada Kementerian PANRB Nanik Murwati mengatakan, hadirnya CSIRT dapat mendukung transformasi digital pemerintah yang terpercaya.

"Keamanan siber merupakan pilar utama dalam Layanan Digital Nasional. Dalam SPBE, CSIRT dapat berperan penting dalam bidang penguatan keamanan informasi sehingga menciptakan layanan digital pemerintah terpercaya (Digital Trust)," ujarnya.

Baca juga : Buka Rakernas Apkasi, Wapres Dukung Daerah Kembangkan Wisata Halal

Selain BNPT, Kementerian/Lembaga ikut melakukan launching CSIRT sektor Pemerintah Pusat di antaranya Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Sosial, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Selanjutnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Radio Republik Indonesia, dan Badan Keamanan Laut.

Kemudian, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Arsip Nasional, Kementerian Perindustrian.

Serta, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia, Sekretariat Kabinet dan Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.