Dark/Light Mode

Presiden di Riau, Malam-malam Terobos Asap

Selasa, 17 September 2019 08:55 WIB
Presiden Jokowi (tengah) bersama pejabat lainnya mendarat di Pekanbaru, Riau, Senin (16/9) malam. (Foto: Biro Pers).
Presiden Jokowi (tengah) bersama pejabat lainnya mendarat di Pekanbaru, Riau, Senin (16/9) malam. (Foto: Biro Pers).

 Sebelumnya 
Status provinsi Riau sudah ditetapkan siaga darurat. Luas lahan yang ter bakar sudah mencapai puluhan ribu hektar. Jokowi menginstruksikan agar kondisi ini jangan sampai mengganggu perekonomian dan aktivitas penerbangan.

“Saya juga minta aparat penegak hukum bertindak tegas. Baik pada perusahaan maupun perorangan,” tegas Jokowi.

Baca juga : KNPI Sesalkan Sampul Majalah Tempo

Rencananya, Jokowi juga akan meninjau langsung lokasi karhutla, hari ini Selasa (17/9). Ia akan berada di Pekanbaru hingga Selasa sore.

Kapolri Jenderal, Tito Karnavian mengatakan, akan mengirimkan tim Propam dan Irwasum Mabes Polri untuk menilai kinerja jajaran Polda Riau dalam menangani karhutla.

Baca juga : Memimpin di Wilayah Krisis

“Saya akan kirim tim untuk mengintensifkan upaya penegakan hukum,” ujarnya.

Direktur Jenderal Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rasio Ridho Sani mengatakan, sudah menyegel 10 lahan perusahaan di Riau karena diduga menjadi biang kerok bencana kabut asap.

Baca juga : 60 Persen Lifter Yunior Lakukan Kesalahan Teknik

10 perusahaan itu adalah PT RSS, PT SBP, PT SR, PT THIP, PT TK WL, PT RAP, PT SRL, PT GSM, PT AP dan GI. “Perusahaan tidak boleh beroperasi di lahan terbakar atau disegel, penyidik segera dalami untuk penetapan tersangka,” tegas Rasio.[SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.