Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Jokowi Resmikan Venue FIBA World Cup Indonesia Arena, Bisa Buat Konser Juga

Selasa, 8 Agustus 2023 08:34 WIB
Presiden Jokowi (tengah) saat meresmikan Indonesia Arena, didampingi Menko PMK Muhadjir Effendy (kiri), Menpora Dito Ariotedjo (kedua kiri), Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kanan), dan Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Senin (7/8). Serta artis Gading Marten dan Cinta Laura. (Foto: Istimewa)
Presiden Jokowi (tengah) saat meresmikan Indonesia Arena, didampingi Menko PMK Muhadjir Effendy (kiri), Menpora Dito Ariotedjo (kedua kiri), Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kanan), dan Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Senin (7/8). Serta artis Gading Marten dan Cinta Laura. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meresmikan Gedung Olahraga Indonesia Arena, Senin (7/8).

Stadion yang terletak di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) ini, akan menjadi salah satu venue Piala Dunia Basket FIBA 2023 yang akan berlangsung pada akhir Agustus hingga September mendatang.

“Hari ini, kita telah memiliki yang namanya Indonesia Arena. Sebuah stadion dengan kapasitas kurang lebih 16 ribu penonton,” ujar Jokowi.

 

 

Presiden ke-7 RI ini pun mengapresiasi pembangunan infrastruktur, yang dinilainya berlangsung dengan sangat cepat sekali.

“Indonesia Arena dibangun dengan biaya Rp 640 miliar. Pembangunan ini selama 18 bulan, sangat cepat sekali,” ujarnya.

Indonesia Arena tak hanya dapat dipakai untuk olahraga basket dan olahraga lainnya seperti bulutangkis, bola voli, atau futsal. Tetapi juga untuk penyelenggaraan konser.

Baca juga : Formula Kenalkan Teknologi Anak Bangsa Di Kongres Ratusan Dokter Dunia

“Yang mau konser, silakan segera daftar, Saya yakin, ini akan lebih banyak digunakan untuk konser," ujar Jokowi.

"Saya lebih senang, kalau dipakai untuk olahraga. Tapi konser juga penting, karena saya juga senang,” imbuhnya.

Peresmian Indonesia Arena dimeriahkan oleh basketball celebrity match day antara Happy Ballers dan Kuy Media.

Pertandingan yang berlangsung sebelum prosesi peresmian, dimenangkan Kuy Media dengan skor 17:8.

Selain itu, acara ini juga turut dimeriahkan oleh penampilan grup musik Cokelat dan penyanyi dangdut Wika Salim.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Salahuddin Uno, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, dan Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono ikut mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan ini.

Selain itu, hadir pula sejumlah selebriti Tanah Air, seperti Gading Marten dan Cinta Laura

Disambut Positif

Peresmian stadion tersebut disambut positif oleh para atlet, serta pelaku seni di Tanah Air.

Baca juga : Peduli Pendidikan, BenQ Indonesia Bantu Sekolah Dasar di Sumedang

Yudha Saputera, atlet basket Indonesia, mengaku sangat kagum dan bangga dengan diresmikannya Indonesia Arena.

Menurutnya, Indonesia Arena memiliki standar internasional dan fasilitas yang lebih baik, dibanding arena lainnya.

“Yang pasti, pertama kali melihatnya, sudah cukup amazed. Terus senang juga, kita bisa punya arena yang sebesar ini, semegah ini. Lapangannya, standar internasional. Ring-nya, standar internasional. Bangga lah punya arena kayak gini,” papar Yudha.

Dia berharap, peresmian Indonesia Arena dapat meningkatkan semangat dan motivasi generasi muda di Tanah Air, dalam bermain basket.

“Semoga, venue ini bisa membangkitkan semangat para anak-anak basket di Indonesia, yang termotivasi menjadi lebih baik. Semoga, venue ini bisa bertahan lama, dipakai ke depannya,” tutur Yudha.

Senada, Cinta Laura yang merupakan artis Tanah Air dan saat ini didapuk sebagai salah satu Duta FIBA Basketball World Cup 2023, juga merasa takjub dengan fasilitas yang ada di Indonesia Arena.

Dia bilang, hal tersebut menunjukkan kesiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah ajang olahraga internasional.

“Jadi, ini benar-benar akan menunjukkan kepada penyelenggara olahraga dunia, bahwa Indonesia sudah siap untuk menjadi host acara-acara olahraga dunia,” ucap Cinta.

Baca juga : Pesan Geopolitik Indonesia Menjaga Dunia

Cinta turut mengapresiasi kehadiran Presiden Jokowi dalam peresmian Indonesia Arena.

Kehadiran Kepala Negara, kata Cinta menunjukkan keseriusan dan dukungan pemerintah Indonesia dalam meningkatkan potensi olahraga di Tanah Air.

“Itu sangat penting, biar anak muda sadar, bahwa Indonesia sudah benar-benar mulai memikirkan atlet-atlet mereka, dengan memberikan fasilitas yang cukup dan sangat baik untuk menyalurkan potensi mereka,” tutur Cinta.

Pelaku seni lainnya, Udjo Project Pop berharap, peresmian Indonesia Arena dapat meningkatkan kuantitas ajang nasional dan internasional di masa yang akan datang.

"Akhirnya, kita punya satu lapangan atau arena yang skalanya internasional, 16 ribu kapasitasnya. Ini memungkinkan kita punya lebih banyak event-event internasional," ujar Udjo.

Sementara Augie Fantinus berharap, fasilitas serupa Indonesia Arena tidak hanya ada di Jakarta. Tetapi juga di kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Augie yakin, para pecinta olahraga dan musik di Tanah Air, mendambakan fasilitas tersebut.

"Ini nggak cuma ada di Jakarta. Mestinya, juga ada di Surabaya, Solo, Bandung, dan kota-kota lainnya di Indonesia karena mereka juga punya penonton. Apresiasi terhadap olahraga dan musik dan event seni di mana-mana. Itu penting,” kata Augie. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.