Dark/Light Mode

Persiapan KTT ASEAN Di Jakarta

JCC Didesain Jadi Cermin Keragaman Di Indonesia

Minggu, 13 Agustus 2023 07:35 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. (Foto: Antara)
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Sementara, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengatakan, rehabilitasi JCC memiliki kon­sep desain utama dengan mengadopsi elemen budaya Indonesia.

Desain ini dirancang untuk dapat mencerminkan karakter dan identitas bangsa Indonesia.

“Kami menambahkan instru­men-instrumen yang menggam­barkan keragaman Indonesia. Misalnya di tambah balutan rotan sintetis, padded wall dan karpet,” beber Diana.

Selain area Gedung JCC, Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat sejak 31 Juli 2023 juga mendukung peningkatan konektivitas melalui peker­jaan preservasi jalan di dalam kawasan Gelora Bung Karno sepanjang 4,67 kilometer (km).

Baca juga : PSI Desak Pemprov Terapkan WFH, Usai Jakarta Jadi Kota Paling Tercemar Di Dunia

Biaya rehabilitasi minor ini sebesar Rp 29,32 miliar dengan progres konstruksi saat ini men­capai 10,3 persen.

Terpisah, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyatakan, persiapan KTT Ke-43 ASEAN di Jakarta tetap fokus berjalan sesuai rencana.

Tidak hanya persiapan fisik, tapi juga berbagai dokumen yang akan menjadi pembahasan juga sudah disiapkan.

“Negosiasi dokumen-doku­men akhir juga dimatangkan. Proses negosiasi terus berjalan,” kata Retno.

Baca juga : Begini Kesiapan PT KAI Operasikan LRT Tanpa Masinis Pertama Di Indonesia

Dia mengatakan, KTT Ke-43 ASEAN yang akan berlangsung pada 5-7 September di JCC itu tak hanya diikuti 10 pemimpin negara ASEAN dan Timor Leste saja. Namun juga negara-negara mitra di luar kawasan, seperti Australia, India, China, Jepang, Korea Selatan, Rusia, Amerika Serikat dan Kanada.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi menegaskan, Indonesia terus mematangkan persiapan menjelang penyelenggaraan KTT Ke-43 ASEAN.

Kepala Negara berharap, semua hal terkait KTT tersebut bisa siap 100 persen pada bulan depan.

“Ini semuanya sudah diren­canakan, semuanya sudah di­siapkan. Kita harapkan nanti pada saat KTT ASEAN semuanya sudah 100 persen siap pada September,” ujar Jokowi.

Baca juga : Prakiraan Cuaca Jakarta Besok, Kamis 10 Agustus 2023: Pagi Cerah, Malam Berawan

Sebagai informasi, KTT Ke-43 di Jakarta berbeda dengan KTT Ke-42 di Labuan Bajo yang diselenggarakan pada Mei 2023.

Pelaksanaan KTT Ke-43 ASEAN di Jakarta pada Sep­tember, tidak hanya diikuti oleh para pemimpin negara anggota organisasi regional tersebut. Na­mun juga, para kepala negara/pemerintahan dari negara-negara mitra ASEAN.

Selain itu, KTT mendatang di antaranya akan membahas perkembangan dan penguatan kerja sama ASEAN dengan para mitra eksternal. Sebab itu, berbagai persiapan terus dimatangkan untuk menyambut pertemuan spesial tersebut.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu 13/8/2023 dengan judul Persiapan KTT ASEAN Di Jakarta, JCC Didesain Jadi Cermin Keragaman Di Indonesia

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.