Dark/Light Mode

Menteri Siti Beri Penghargaan Kepada Pemenang Lomba Wana Lestari 2023

Selasa, 15 Agustus 2023 19:48 WIB
Pemberian penghargaan pemenang lomba dan penerima apresiasi wana lestari Tahun 2023 di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, pada Selasa (15/8.)
Pemberian penghargaan pemenang lomba dan penerima apresiasi wana lestari Tahun 2023 di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, pada Selasa (15/8.)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan penghargaan kepada 48 orang Pemenang Lomba dan Penerima Apresiasi Wana Lestari Tahun 2023. 

Penyerahan penghargaan dilakukan di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, pada Selasa (15/8).

Menteri LHK Siti Nurbaya dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada para penerima penghargaan yang merupakan para teladan-teladan terbaik dari seluruh Indonesia. 
Mereka berperan penting dalam mendukung pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan melalui langkah-langkah dan aksi nyata serta pemberdayaan masyarakat di dalam dan di sekitar hutan.

Baca juga : Kurangi Polusi Udara, PLN Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

“Apa yang telah dicapai hingga saat ini merupakan kerja keras semua elemen masyarakat bersama Pemerintah. Di situ ada partisipasi, inisiatif, prestasi dan kinerja serta darma bakti dari semua elemen masyarakat kepada negara dan bangsa ini, termasuk para teladan yang hadir saat ini,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Menteri dua periode ini kembali menegaskan, bahwa bobot kegiatan utama dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yakni menyangkut dua hal. Pertama, kebijakan insentif dan disinsentif atau subsidi dan pajak. Kedua, public campaign, kampanye publik dengan kesertaan masyarakat.

“Dengan demikian, maka dalam upaya kita menjaga, mengelola dan merawat lingkungan dan hutan Indonesia menjadi kebutuhan akan hadirnya partisipasi dari berbagai pihak dan elemen fungsi masyarakat,” katanya.

Baca juga : Mantan Gubernur Bengkulu Bocorkan Strategi Pemenangan Bagi Caleg HMI

Lomba Wana Lestari diselenggarakan sebagai suatu metode penyuluhan yang dilaksanakan untuk menilai prestasi perorangan, kelompok atau aparatur Pemerintah dalam memberdayakan dan mengubah perilaku masyarakat di bidang lingkungan hidup dan kehutanan. Sedangkan Apresiasi Wana Lestari merupakan penilaian prestasi yang dicapai berdasarkan inisiatif dan partisipasi dalam pelaksanaan tugas di bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

“Saya mengajak para teladan dan seluruh rimbawan, baik di KLHK, Pemerintah Daerah dan masyarakat, termasuk dunia usaha untuk kita terus bersama-sama memberikan kontribusi pemikiran dan aksi nyata di lapangan dalam pelaksanaan pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan,” ungkap Siti mengakhiri sambutannya.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BP2SDM) KLHK, Ade Palguna melaporkan pada Lomba Wana Lestari Tahun 2023 terdapat 8 kategori yang diperlombakan. 

Baca juga : Telkomsel Borong Penghargaan Ookla Speedtest Awards

Pertama, lomba yang dikoordinasikan oleh BP2SDM sebanyak 3 kategori yaitu Penyuluh Kehutanan PNS, Kelompok Tani Hutan (KTH), Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM). Kedua, lomba yang dikoordinasikan oleh Ditjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL) sebanyak 3 kategori. Yaitu Pemegang Izin HKm, Pengelola Hutan Desa (PHD), Pengelola Hutan Adat. Ketiga, lomba yang dikoordinasikan Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) sebanyak 2 kategori yaitu Kader Konservasi Alam (KKA) dan Kelompok Pecinta Alam (KPA).

Sedangkan apresiasi Wana Lestari Tahun 2023 diikuti oleh 5 kategori. Pertama, kategori yang diapresiasi oleh Ditjen Penegakan Hukum (GAKKUM) LHK sebanyak 3 kategori yaitu Polisi Hutan (Polhut), Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) dan Pejabat Pengawas Lingkungan Hidup. Kedua, kategori yang diapresiasi oleh Ditjen Pengendalian Perubahaan Iklim (PPI) sebanyak 2 kategori yaitu Manggala Agni dan Masyarakat Peduli Api (MPA).■


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.