Dark/Light Mode

Mentan: Petani Pejuang Ekonomi Indonesia

Sabtu, 19 Agustus 2023 06:55 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. (Foto: Istimewa)
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengharapkan Hari Kemerdekaan dapat terus membakar semangat pekerja di sektor pertanian untuk terus berjuang menjaga kedaulatan Indonesia. Sebab pertanian adalah salah satu faktor utama pendukung kemandirian sebuah bangsa.

"Kalau Kementerian Pertanian paling semarak dalam merayakan hari kemerdekaan itu ada alasannya, Saudara-saudara. Itu karena kemerdekaan tidak bisa hadir tanpa pertanian. Betul?" kata Mentan saat Acara Semarak Kemerdekaan di Kantor Pusat Kementan (18/8).

Sepanjang masa pandemi Covido yang membuat berbagai sektor mendapatkan pertumbuhan negatif, Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan bahan sektor pertanian berhasil tumbuh 1,75 persem dibandingkan tahun 2019.

Baca juga : Indodax Targetkan Perkuat Industri Kripto Indonesia

Sampai saat ini pun, sektor pertanian masih memberikan pengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia Menurut data BPS pada tanggal 7 Agustus 2023, sektor pertanian menyumbang 13,35 persen dari Pertumbuhan Domestik Bruto (PDB) pada triwulan II tahun 2023.

"Kau bisa apa tanpa makan? Dan pertanian sudah membuktikan tiga tahun terakhir ini bantalan ekonomi Indonesia bisa seperti ini karena pertanian," ucap Mentan.

Sebagai kado bagi Indonesia di Hari Kemerdekaannya tahun lalu, Kementerian Pertanian mendapatkan penghargaan dari International Rice Research Institute (IRRI) atas keberhasilan Indonesia swasembada beras selama 3 tahun belakangan.

Baca juga : Ratusan Petani Jebed Diedukasi Tak Lagi Bakar Jerami Sisa Panen

"Dalam 78 tahun ini, produksi beras kita tertinggi yaitu 31,58 juta ton. Sementara yang dimakan oleh bangsa ini setiap tahunnya 29 sampai 30 juta," kata Mentan.

Oleh sebab itu, Mentan mengharapkan momentum perayaan kemerdekaan Indonesia dapat menjadi pengingat bahwa perjuangan pekerja sektor pertanian terus berkobar di tengah ancaman krisis pangan global akibat pandemi global, perseteruan geopolitik dan cuaca ekstrim El Nino.

"Kalian adalah pejuang bagi bangsa ini. Kemarin, hari ini, dan besok!" tutup Mentan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.