Dark/Light Mode

Gaungkan Persatuan, BNPT Hadiri Upacara HUT Ke-78 RI Di Berbagai Wilayah

Sabtu, 19 Agustus 2023 11:18 WIB
Foto: BNPT
Foto: BNPT

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) terus berkomitmen menciptakan Indonesia damai, Indonesia harmoni dan Indonesia tanpa kekerasan.

Salah satunya, dengan hadir dalam pelaksanaan Upacara HUT Ke-78 Kemerdekaan RI di berbagai wilayah.

Kepala Bagian Hukum, Hubungan Masyarakat dan Teknologi Informasi BNPT Kombes Astuti Idris mengatakan, kehadiran BNPT di berbagai tempat pada upacara Hari Kemerdekaan ini merupakan bagian dari upaya menggelorakan persatuan dan kesatuan serta menolak ideologi kekerasan.

"Kami hadir di berbagai tempat di ponpes di wilayah-wilayah yang terdapat mitra deradikalisasi untuk menggelorakan persatuan dan kesatuan dan menolak kekerasan," jelasnya.

Baca juga : Muslimah Ganjar Meriahkan HUT Ke-78 RI Lewat Berbagai Lomba Di Jaksel 

Hal itu dikatakannya, saat hadir dalam pelaksanaan upacara bersama 16 Mitra Deradikalisasi di Lapangan Upacara Pemerintah Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, seperti keterangan yang diterima RM.id, Sabtu (19/8).

Astuti menambahkan, upacara kemerdekaan yang dihadiri mitra deradikalisasi merupakan bukti bahwa mereka telah dapat berbaur dengan masyarakat umum.

Juga membuktikan bahwa memiliki rasa nasionalisme yang dibuktikan dengan keikutsertaan pada upacara 17 Agustusan.

"Keikutsertaan mitra deradikalisasi menunjukkan mitra deradikalisasi ikut berbaur dan telah diterima dengan baik oleh masyarakat Bima dalam merasakan suka cita upacara bendera yang khidmat, sehingga rasa cinta dan memiliki NKRI semakin tubuh di hati mereka,” jelasnya.

Baca juga : Meriahkan Perayaan HUT Ke-78 RI, Relawan Sedulur Saklawase Gelar Lomba Tradisional

Sebelumnya Kepala BNPT Komjen Rycko Amelza Dahniel mengingatkan masyarakat menjaga persatuan dan menghargai perbedaan untuk membangun Indonesia yang damai, harmoni dan Indonesia tanpa kekerasan.

"Semoga bangsa Indonesia sebagai Bangsa yang majemuk selalu menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi, senantiasa merawat keberagaman dan menghargai perbedaan," kata Rycko.

Sementara, salah satu mitra deradikalisasi, Suhail menyerukan ajakan kepada mitra deradikalisasi dan masyarakat untuk dapat lebih mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Bersama-sama kita stop kekerasan dan mari membangun Indonesia yang damai dan harmoni," ungkapnya.

Baca juga : Pejabat Tertinggi Perwakilan Prancis Hadiri Upacara HUT RI Di KJRI Noumea

Beberapa wilayah yang di hadiri BNPT adalah sebagai berikut, Jakarta, Serang Banten, Bogor, Sukabumi, dan Bandung.

Lalu, Indramayu, Solo, Kendal dan Temanggung, Magetan dan Lamongan, Makassar, serta Bima, NTB.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.