Dark/Light Mode

Mengenal Sosok Pembawa Baki Upacara Hari Kemerdekaan Di Istana Tahun Ini

Kamis, 17 Agustus 2023 10:20 WIB
Sosok pembawa baki di upacara Hari Kemerdekaan Indonesia tahun ini di Istana Negara. (Foto: Tangkap layar video YouTube kanal Sekretariat Presiden)
Sosok pembawa baki di upacara Hari Kemerdekaan Indonesia tahun ini di Istana Negara. (Foto: Tangkap layar video YouTube kanal Sekretariat Presiden)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sosok pembawa baki selalu menjadi sorotan setiap upacara hari kemerdekan di Istana Kepresidenan, saban tahun. Tahun ini, pembawa baki nasional adalah Lilly Indriani Supratman Wenda.

Ia perempuan satu-satunya yang mewakili Provinsi Papua Pegunungan, Lilly diberi kehormatan untuk memegang peran ini dalam peringatan HUT RI 2023 di Istana Negara tadi, Kamis (17/8).

Lilly Lahir di Wamena pada 15 Mei 2007. Saat ini, ia menempuh pendidikan di SMAN 1 Wamena. 

Baca juga : Perdana, Gita Bahana Nusantara Gelar Konser Kemerdekaan Terbuka Di Ruang Publik

Dalam peringatan tersebut, 8 petugas mengibarkan bendera dengan Bintang Wirasatya RA sebagai Komandan Kelompok 8 mewakili Provinsi Sumatera Selatan, Nathaniel Shawn Edgar Sondakh sebagai pembentang bendera mewakili Provinsi Sulawesi Utara, dan Alfin Alfarisi sebagai pengerek bendera mewakili Provinsi Sumatera Barat.

Kolonel Arm Joko Setiyo Kurniawan, sebagai Komandan Armed 2/PY/2 Kostrad, didapuk menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.  

Kapten Mar Ganteng Prakoso bertugas sebagai Komandan Kompi Paskibraka, juga sebagai Danki A Yonif 7 Mar Brigif 4 Mar BS Kormar.

Baca juga : OSO: Peringatan Hari Kemerdekaan Momentum Bangun Kebersamaan

Brigjen TNI Arkamelvi Karmani bertindak sebagai Perwira Upacara. Pria kelahiran 10 Februari 1967 ini menjabat sebagai Kepala Staf Komando Garnisun Tetap I/Jakarta. Ia lulus dari Akademi Militer tahun 1989.

Sebanyak 76 pemuda, anggota Paskibraka 2023 dari setiap provinsi di Indonesia, yang dikukuhkan oleh presiden Jokowi pada Selasa (15/8) di Istana Negara, Jakarta, telah menjalankan tugas hari ini.

Prosesi pengibaran bendera telah berlangsung dengan khidmat di Istana Merdeka. Setelah bendera Merah-Putih dikibarkan, petugas melapor kepada Jokowi sebagai inspektur upacara. Tim Paskibraka kemudian kembali ke tempat masing-masing.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.