Dark/Light Mode

Menkes Usung 3 Agenda Bidang Kesehatan Indonesia Dalam G20 India

Sabtu, 19 Agustus 2023 20:13 WIB
Foto: Kemenkes.
Foto: Kemenkes.

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, sebagai Troika G20, Indonesia memberikan dukungan dan arahan pada Keketuaan G20 India tahun ini.

Budi pun mengingatkan, para Menkes negara G20 memiliki kesempatan untuk secara bersama-sama melakukan perubahan untuk membangun global health systems for a better dan healthier world.

"Untuk itu, Indonesia akan terus memberikan kontribusi dan kepemimpinannya di tingkat global dan regional. Meminjam filosofi Mahatma Gandhi bahwa “kita tidak harus menunggu apa yang orang lain kerjakan bila ingin membuat perubahan” ungkap Menkes Budi, saat memberikan sambutan dalam pembukaan pertemuan Menteri Kesehatan G20 di India, seperti keterangan yang diterima RM.id, Sabtu (19/8).

Ada tiga agenda G20 India yang terus dimajukan Indonesia. Pertama, sebagai Ketua ASEAN 2023, Indonesia memajukan Deklarasi One Health dan terus melakukan operasionalisasi konsep One Health ini dalam aksi nyata.

Baca juga : Hadiri G20 Di India, Menkes RI Bahas Tiga Agenda Kesehatan

Seperti, Integrated One Health Surveillance melalui identifikasi 10 hewan dengan 10 patogennya yang berpotensi menular ke manusia mengakibatkan kedaruratan kesehatan.

Sebagai negara yang kaya akan biodiversity, upaya ini penting bagi Indonesia untuk mencegah pathogen spillover.

Sehingga, kawasan dan komunitas global lebih aman dari potensi pandemi.

Kedua, menindaklanjuti hasil G20 Health Ministers di Indonesia, Indonesia terus memajukan mechanism of Global Medical Countermeasures Platform sebagai pengganti ACT-A.

Baca juga : Generasi Z Indonesia Dalam Konteks Geopolitik Global

Eks Direktur Utama Bank Mandiri ini juga mendorong negara maju dalam G20 terus membantu negara berkembang anggota G20 untuk riset dan pengembangan manufacturing vaksin, obat dan alat diagnosis.

Ketiga, mendorong Inovasi dan digital solusi di bidang kesehatan, termasuk penerapan teknologi baru dan kecerdasan intelegen.

Hal ini akan meningkatkan layanan kesehatan melalui perluasan akses, peningkatan kualitas layanan dan integrasi sistem informasi kesehatan.

Budi meminta inisiatif digital yang dimajukan G20 tidak berdiri sendiri-sendiri dan terfragmentasi seperti saat ini.

Baca juga : Resmikan Restoran Indonesia Di DMV, Dubes Rosan: Kuliner Kita Makin Mendunia

Untuk itu Indonesia Mendukung Global Initiative on Digital Health to democratize digital technology, converge efforts and investment in the digital health space globally.

Selama di Gujarat, Menkes Budi akan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah Menteri Kesehatan al. Belanda, Australia, India, Inggris, Brazil, dan EU.

Budi dan delegasi RI juga melakukan pertemuan dengan para pimpinan organisasi internasional di bidang kesehatan.

Yaitu, WHO, FIND, Gavi, BMGF, CEPI untuk meningkatkan kerja sama kesehatan konkret demi menciptakan layanan kesehatan yang lebih baik untuk masyarakat, termasuk layanan primer.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.