Dark/Light Mode

DEWG Presidensi G20 India

Ketemu Menteri Jepang Dan India, Menkominfo Galang Komitmen Soal Ekonomi Digital

Minggu, 20 Agustus 2023 06:30 WIB
Menkominfo Budi Arie Setiadi (kanan) dan Menteri Transformasi Digital Jepang Taro Kono dalam pertemuan di West End, Bengaluru, India, Jumat (18/8). (Foto: dok. Kominfo)
Menkominfo Budi Arie Setiadi (kanan) dan Menteri Transformasi Digital Jepang Taro Kono dalam pertemuan di West End, Bengaluru, India, Jumat (18/8). (Foto: dok. Kominfo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah terus berupaya meningkatkan kerja sama dengan berbagai negara, untuk memperkuat komitmen mengenai tiga isu prioritas Kelompok Kerja Ekonomi Digital atau Digital Economy Working Group (DEWG) Presidensi G20 India tahun 2023.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi berharap, Indonesia dapat membicarakan isu-isu strategis terkait pembahasan fokus pada DEWG, melalui pertemuan bilateral.

“Tadi, kami melaksanakan pertemuan bilateral dengan Menteri Transformasi Digital Jepang Taro Kono didampingi Menteri Urusan Dalam Negeri Tsuge Yoshifumi. Juga, dengan Menteri Elektronik dan Teknologi Informasi India Ashwini Vaishnaw, sebagai tuan rumah," kata Budi Arie di sela pertemuan di West End, Bengaluru, India, Jumat (18/8).

Baca juga : Pererat Kebersamaan, Relawan Mas Bowo Gelar Kegiatan Sosial dan Olahraga

Sebagai anggota Troika Presidensi G20 India, Indonesia menyampaikan pandangan terhadap isu-isu strategis. Termasuk, tiga isu prioritas yang menjadi bagian dari dokumen hasil kesepakatan DEWG.

"Hubungan kita dengan mereka dengan sangat baik, tak hanya secara bilateral, tetapi juga multilateral. Kami membicarakan beberapa isu terkait ekonomi digital," imbuh Budi Arie.

Dia berharap, pertemuan tersebut dapat mempererat hubungan baik antar negara anggota G20, dan memfasilitasi kesamaan pandangan terhadap isu-isu prioritas DEWG Presidensi India tahun ini.

Baca juga : Di G20 India, Menteri Siti Paparkan Solusi Perubahan Iklim Dan Soal Lingkungan

Yang utama adalah mengenai infrastruktur publik digital, kemampuan digital untuk mempersiapkan angkatan. Serta keamanan di sektor ekonomi digital.

Selain dengan Jepang dan India, Budi Arie menyatakan, Indonesia akan membuka peluang kerja sama dengan seluruh negara anggota G20.

Pertemuan bilateral ini, menurutnya, merupakan ajang bagi Kementerian Kominfo, untuk saling bertukar pengalaman.

Baca juga : Apresiasi Kebaikan Anak, Biskuat Gelar Kompetisi Digital

“Kita selalu mau dan harus bekerja sama dengan semua negara, karena semua negara ini punya pengalaman atau best practices. Kita bisa saling bertukar pikiran. Kita perlu saling belajar dari beberapa negara," papar Budi Arie.

Dalam pertemuan bilateral tersebut, Menkominfo Budi Arie Setiadi didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba, Staf Khusus Menkominfo Sarwoto Atmosutarno, Kepala Pusat Kelambagaan Internasional Ichwan Nasution, serta Konsul Jenderal Republik Indonesia di Mumbai Eddy Wardoyo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.