Dark/Light Mode

Jokowi Tunjuk Hanif Dhakiri Jadi Plt Menpora

Jumat, 20 September 2019 15:53 WIB
Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, kini merangkap Plt Menteri Pemuda dan Olahraga. (Foto: IG @hanifdhakiri)
Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, kini merangkap Plt Menteri Pemuda dan Olahraga. (Foto: IG @hanifdhakiri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menunjuk Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dhakiri sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora),  menggantikan Imam Nahrawi.

Imam mengundurkan diri dari jabatan Menpora, menyusul penetapan statusnya sebagai tersangka kasus suap penyaluran dana bantuan untuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pada Rabu (18/9) petang. 

Baca juga : KPK Apresiasi Nahrawi Mundur Dari Menpora

Terkait hal ini, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyatakan, Jumat (20/9) pagi, Presiden Jokowi sudah menandatangani Keppres pemberhentian Imam Nahrawi sebagai Menpora, dan mengangkat Hanif Dhakiri sebagai Plt Menpora.

"Jadi, Pak Hanif merangkap sebulan ini. Selain sebagai Menteri Tenaga Kerja, juga menjadi Plt Menteri Pemuda dan Olahraga," ungkap Pratikno di Istana Bogor, Jumat (20/9).

Baca juga : Jokowi: Imam Nahrawi Mundur Dari Menpora

Apa pertimbangan Presiden menunjuk Hanif sebagai Plt Menpora? Pratikno bilang, Jokowi tidak punya banyak pilihan.

"Kan ada beberapa menteri yang nanti dilantik pada tanggal 1 Oktober mendatang. Juga ada yang dilantik sebagai anggota DPR. Oleh karena itu, pilihannya tidak banyak," bebernya.

Baca juga : Jokowi Shalat Istisqa di Pekanbaru

Namun, Pratikno tak menampik, ditunjuknya Hanif tak lepas dari pertimbangan bahwa dia adalah kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Partai yang juga menaungi Imam Nahrawi. "Iya lah, iya," aku Pratikno. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.