Dark/Light Mode

Kuliah Umum Di UNS Solo, Sekjen LHK Jelaskan Kepemimpinan Transglobal

Kamis, 24 Agustus 2023 16:34 WIB
Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono mengisi kuliah umum di Universitas Sebelas Maret di Solo, Jawa Tengah. Rabu, (23/8).
Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono mengisi kuliah umum di Universitas Sebelas Maret di Solo, Jawa Tengah. Rabu, (23/8).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Bambang Hendroyono diudang untuk memberikan kuliah umum bagi mahasiswa baru di Universitas Sebelas Maret (UNS) di Solo, Jawa Tengah, Rabu (23/8).

Dalam kuliah umum tersebut, Bambang memaparkan tentang penerapan Transglobal Leadership dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (LH) dan Sumber Daya Alam (SDA) Berbasis Landscape-Seascape. 

Baca juga : Telkom Dorong Kepemimpinan Perempuan Di BUMN

"Ini penting untuk bekal mereka kelak, yang akan melanjutkan dan mengawal pembangunan pada berbagai aspek," ujar Bambang.
 
Bambang pun mengungkapkan, bahwa kepemimpinan Transglobal dibutuhkan oleh seorang pemimpin di era global, yang menekankan pada 6 elemen kecerdasan, yaitu Kognitif, Moral, Emosional, Budaya, Bisnis, dan Global Intelegensia untuk menghadapi tantangan dalam pengelolaan LH dan SDA yang semakin kompleks.

Ia meyakini, jika Kepemimpinan Transglobal akan efektif dalam menyelesaikan tantangan LH dan SDA, karena mengkombinasikan 5 (lima) perilaku kepemimpinan, yaitu Ketahanan terhadap Ketidakpastian, Konektivitas Tim, Fleksibilitas Pragmatis, Responsivitas Perspektif, dan Orientasi Bakat.

Baca juga : AMPI Komit Dukung Kepemimpinan Airlangga

"Kepemimpinan Transglobal relevan dan sejalan dengan spirit Pembangunanan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), yang berorientasi pada keberlanjutan dan pencapaian Indonesia Maju," imbuh Bambang.

Kehadiran Sekjen KLHK pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru UNS tahun 2023 adalah dalam rangka menyebarkan spirit berbagi pengetahuan  kepada adik-adik mahasiswa baru agar lebih mengenal konsep pembangunan bangsa.

Baca juga : Dampak Geopolitik Dunia Pada NKRI Dan Kesiapan Kepemimpinan Nasional

Kegiatan ini dihadiri ratusan mahasiswa baru Universitas Sebelas Maret yang sedang mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru UNS tahun 2023.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.