Dark/Light Mode

Di Rakernas Marga Simbolon, Menhan Prabowo Puji Kepemimpinan Jokowi

Jumat, 7 Juli 2023 19:42 WIB
Menteri Pertahanan Menhan Prabowo Subianto menghadiri Rakernas Marga Simbolon ke-16, di Hotel Aryaduta Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/7). (Foto: Danu Arifianto/RM)
Menteri Pertahanan Menhan Prabowo Subianto menghadiri Rakernas Marga Simbolon ke-16, di Hotel Aryaduta Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/7). (Foto: Danu Arifianto/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menghadiri Rakernas Marga Simbolon ke-16, di Hotel Aryaduta Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/7).

Pada kesempatan tersebut, Prabowo memuji pemerintahan yang dikomandoi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kita bersyukur pemerintah sekarang yang dipimpin Jokowi telah berhasil. Kita tidak mengatakan berhasil selesai. Tidak ada rintangan ada hambatan dan rintang. Membangun bangsa yang hampir 300 juta tidak gampang," kata Prabowo dalam sambutannya.

Dia lalu membandingkan tingkat permasalahan yang harus dihadapi Indonesia dengan negara-negara di Eropa.

Kata dia, kompleksitas permasalahan di Indonesia jauh lebih rumit. Karena meski memiliki luas wilayah sama, kawasan Indonesia hanya terdiri satu negara, sedangkan Eropa terbagi menjadi 27 negara.

Baca juga : Survei INES: Masyarakat Jagokan Prabowo Lanjutkan Program Jokowi

"Jadi, banyak negara yang melihat ke kita. Menganggap kita suatu panutan. Termasuk di kawasan kita sendiri mereka lihat. Kok bisa Indonesia seperti ini," ujarnya.

"Kita memang masih punya banyak kekurangan. Itu pasti. Tapi kita harus melihat bahwa seluruh dunia pernah mengalami 3 tahun ini krisis maha dahsyat," sambung Ketua Umum Partai Gerindra tersebut.

Krisis yang dimaksud adalah ketika terjadi pandemi Covid-19. Tapi, Indonesia akhirnya terbebas dari permasalahan itu berkat instruksi dari Presiden Jokowi yang menurutnya sudah tepat dan benar.

"Bagaimana dokter, bagaimana polisi, bagaimana tentara, belum ada vaksin apa polisi berhenti? Tidak bekerja? Apa guru-guru berhenti dan sebagainya? Pemerintah melakukan langkah-langkah, pemerintah memimpin, presiden kita memimpin dengan benar dan baik," tuturnya.

Prabowo juga menganggap pemerintahan di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi berhasil meredam berbagai masalah di sektor lain.

Baca juga : Cawapres Prabowo Terserah Jokowi

"Indonesia sekarang dilihat banyak negara karena telah berhasil menjalankan demokrasi. Ketika kita mengalami masalah, beda pandangan, kebhinekaan, kita berhasil. Melakukan pemilu dengan lumayan," papar Prabowo.

Prabowo mengaku sangat mengagumi etnis Batak. Sebab, kata dia, ada banyak orang Batak yang menjadi jagoan di dunia militer, hukum, politik, dan seni tarik suara.

"Khusus di dunia militer, lihat saja dari sejarah kita. Ada TB Simatupang yang saat usia muda sudah menjadi Kepala Staf Angkatan Perang, tangan kanan Pak Sudirman dan Nasution. Terus ada Maraden Panggabean, Feisal Tanjung, Romulu Simbolon, dan Luhut Binsar Panjaitan," rincinya. 

Di dunia hukum, dia melanjutkan, ada banyak juga orang Batak yang menjadi advokat hebat. Begitu pula di dunia politik.

"Kalau di advokat, etnis Batak yang paling jago itu Hotman Paris Hutapea. Di politik ada Effendi Simbolon. Pokoknya banyaklah," katanya.

Baca juga : Senopati Syndicate: Kubu Ganjar Dan Prabowo Akan Rebutan Jokowi

Effendi Simbolon sendiri merupakan anggota Komisi I DPR Komisi yang menjadi mitra kerja Kementerian Pertahanan (Kemenhan). Effendi merupakan politikus PDIP.

Prabowo yang hadir didampingi Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, juga menyoroti kepiawaian warga suku Batak dalam bidang musik. Khususnya dalam hal bernyanyi.

"Coba lihat mereka menyanyi, sangat bagus. Mungkin karena itu tadi, disana banyak hutan dan gunung," kelakar Prabowo, yang diikuti tawa 154 anggota Punguan Simbolon dogot Boruna (PSBI) yang hadir.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.