Dark/Light Mode

Dampak Geopolitik Dunia Pada NKRI Dan Kesiapan Kepemimpinan Nasional

Rabu, 9 Agustus 2023 06:14 WIB
Prof. Dr. Ermaya Suradinata
Prof. Dr. Ermaya Suradinata

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam era globalisasi, geopolitik dan geostrategi dunia memainkan peran krusial dalam menentukan arah dan keberlangsungan suatu negara. Terkait ini, Indonesia sebagai negara dengan posisi strategis –dan punya peran penting dalam kawasan Asia Tenggara dan dunia – menghadapi berbagai dampak dari perubahan geopolitik dan geostrategi.

Dampak yang terdekat bisa ditelesik adalah soal keamanan dan konflik regional, di mana geopolitik dunia mempengaruhi situasi keamanan di kawasan Asia Tenggara. Adanya persaingan kepentingan antara negara-negara besar, bisa menambah ketegangan dan konflik di kawasan. Dan ini karuan saja berpotensi mempengaruhi stabilitas politik dan keamanan di Indonesia.

Baca juga : Latihan Perang, Sinyal Kekuatan Geopolitik Indonesia Di ASEAN Dan Dunia

Pengaruh geopolitik dunia terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah hal kompleks dan terus berubah seiring perubahan global. Oleh karena itu, Indo­nesia harus memiliki kebijakan luar negeri dan strategi yang adaptif serta mem­bangun hubungan yang ­se­imbang ­dengan negara-negara lain untuk menjaga kepentingan nasional dan stabilitas negara.

Membaca indikasi itu maka NKRI harus mampu menjaga keseimbangan hubungan ­dengan negara-negara besar – di satu ­sisi, serta di satu sisinya lagi harus pandai berpartisipasi aktif dalam upaya menjaga perdamaian dan stabilitas regional.

Baca juga : Geopolitik Indonesia Menjaga Kawasan Indo-Pasifik

Dampak lainnya adalah menyangkut hal ekonomi global. Di sini, NKRI sebagai negara yang mengandalkan ekspor komoditas, seperti minyak, gas, dan produk pertanian –sangat rentan terhadap fluktuasi harga komoditas dan perubahan kebijakan perdagangan dunia.

Dari itu geopolitik ekonomi global –seperti perang dagang antarnegara dan krisis keuangan internasional, dapat berdampak negatif pada perekonomian Indonesia. Maka NKRI wajib mencari strategi untuk mengurangi ketergantungannya pada satu sektor dan diversifikasi ekonomi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.