Dark/Light Mode

Kolaborasi Pencegahan Ideologi Transnasional, BNPT Jajaki MoU dengan NCTC Qatar

Kamis, 24 Agustus 2023 23:29 WIB
Foto: Humas BNPT
Foto: Humas BNPT

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia berencana memperkuat kolaborasi global dengan Qatar dalam pencegahan ideologi transnasional.

Kolaborasi tersebut dilakukan dengan penyusunan rencana Memorandum of Understanding (MoU) antara BNPT dan NCTC (National Counter Terrorism Committee) Qatar dalam rangka mengimplementasikan berbagai area kerja sama pencegahan dan penanggulangan terorisme.

"Perlu adanya MoU Kerja Sama Penanggulangan Terorisme antara Indonesia dan Qatar sebagai payung hukum bagi kedua negara untuk mengimplementasikan berbagai area kerja sama di masa mendatang," kata Kepala BNPT Komjen Rycko Amelza Dahniel, dalam kegiatan kunjungan kerja delegasi BNPT ke kantor NCTC Qatar, seperti keterangan yang diterima RM.id, Kamis (24/8).

Baca juga : KSP Dorong Penggunaan Pusat Data Nasional Untuk Perizinan Usaha

Salah satu bentuk area kerja sama pencegahan dan penanggulangan terorisme yang diinisiasi oleh BNPT adalah program single data terrorist.

Tujuannya untuk memudahkan sharing informasi, mengingat Qatar merupakan salah satu negara transit perlintasan anggota jaringan terorisme internasional.

"Kita perlu membentuk satu single data terrorist, untuk memudahkan sharing informasi. Mengingat, Qatar merupakan salah satu negara transit dari perlintasan anggota jaringan terorisme internasional maupun foreign terrorist fighters (FTF), " tambahnya.

Baca juga : Bamsoet Ajak Hipakad Perkuat Ideologi Pancasila di Kalangan Generasi Muda

Menyambut baik inisiasi tersebut, pimpinan NCTC Qatar, Y.M. Jenderal Nasser Saeid Al Hajri mengatakan penguatan kerja sama dengan BNPT ini penting. 

Dia pun sepakat untuk segara menyusun naskah perjanjiannya.

"Penguatan kerja sama internasional yang diwujudkan melalui MoU ini penting untuk kedua negara, hasil pertemuan kita tindak lanjuti dengan pertemuan teknis untuk menyusun naskah perjanjiannya," terangnya.

Baca juga : Romo Benny: Tanamkan Ideologi Pancasila Kepada Anak Sejak Usia Dini

Dalam pertemuan ini, Kepala BNPT didampingi Duta Besar LBBP Indonesia untuk Qata Ridwan Hassan, Deputi Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT Irjen Ibnu Suhaendra, Direktur Kerjasama Bilateral Brigjen Kris Erlangga.

Juga, Atase Pertahanan RI di Iran merangkap Qatar Kolonel Laut Hariyanto, Kasubdit Aspasaf BNPT Kolonel (Sus) Harianto dan staf.

Sehari sebelumnya, telah dilaksanakan pertemuan dengan Head of UNODC Qatar Office Mr. Mustafa Erten dan juga Head of UNOCT Qatar Office Dr. Aynabat Atayeva.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.