Dark/Light Mode

YLKI Puji Penggunaan Kendaraan Listrik Dalam KTT ASEAN

Minggu, 3 September 2023 14:47 WIB
Ketua Harian YLKI Tulus Abadi (Foto: Ist)
Ketua Harian YLKI Tulus Abadi (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah menyediakan mobil listrik untuk moda transportasi delegasi negara sahabat dalam KTT Ke-43 ASEAN di Jakarta.

Ketua Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengapresiasi para delegasi KTT ke-43 ASEAN melakukan rangkaian kegiatan di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), salah satu ikon pariwisata negeri, yang hanya bisa dilalui kendaraan listrik  bebas polusi.

"Saya mengapresiasi penyelenggaraan KTT yang dikemas ramah lingkungan dan bebas polusi tersebut," katanya, di Jakarta, Minggu (3/9).

Sesuai dengan jadwal, para delegasi dari negara tetangga itu mengunjungi TMII yang sudah direnovasi sejak tahun lalu.

Baca juga : Guru Besar Undip Minta Pengguna Kendaraan Pribadi Mulai Pakai Transportasi Umum

Menurut Tulus, penggunaan kendaraan listrik mampu memberikan gambaran kepada para utusan negara sahabat bahwa Pemerintah Indonesia sangat concern terhadap komitmen mendorong nol emisi karbon atau net zero emissions (NZE).

"Arah kebijakannya sudah benar. KTT ASEAN ini dijadikan agenda penting untuk menunjukkan kepada publik internasional bahwa kendaraan listrik menjadi salah satu solusi utama penanganan polusi udara yang melanda Jakarta," tutur Tulus.

Selain itu dengan menggunakan mobil listrik, kata Tulus, pemerintah juga turut mengedukasi masyarakat bahwa kendaraan listrik mampu mengurangi polusi udara.

"Edukasi penggunaan kendaraan listrik kepada masyarakat itu penting. Tentu hal ini bakal menjadi inspirasi bagi masyarakat luas untuk beralih ke kendaraan listrik," ungkapnya. 

Baca juga : Wujudkan Ekosistem Kendaraan Listrik di Jabar, PLN ICON Plus Gandeng Pemkab Sumedang

Tulus menambahkan, penggunaan kendaraan listrik saat KTT ASEAN juga bisa menjadi momentum agar pemerintah mengakselerasi kebijakan dalam mendorong ekosistem kendaraan listrik.

"Kebijakan untuk kendaraan listrik penting agar langkah menuju nol emisi karbon bisa terakselerasi dengan cepat dan tepat," tegasnya.

Untuk diketahui, pemerintah telah menyiapkan puluhan mobil listrik untuk menyukseskan agenda internasional tersebut.

Bahkan shuttle untuk mengangkut delegasi juga menggunakan kendaraan listrik.

Baca juga : Sasar Pasar Muslim, Filipina Kenalkan Wisata Halal

Sekadar informasi, KTT ke-43 ASEAN diselenggarakan dalam format plenary maupun retreat pada 5 September 2023.

Kemudian pada hari berikutnya akan dilaksanakan KTT antara ASEAN dengan negara-negara mitra yang akan berlangsung hingga 7 September 2023.

Pada 7 September 2023, akan digelar pula KTT Asia Timur dan KTT ASEAN Plus Three.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.