Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kementan Dorong Negara ASEAN Perkuat Strategi Ketahanan Pangan

Rabu, 6 September 2023 23:36 WIB
Presiden Joko Widodo Jokowi saat pertemuan dengan sejumlah negara-negara ASEAN, di Jakarta, Selasa (5/9). Foto: Istimewa
Presiden Joko Widodo Jokowi saat pertemuan dengan sejumlah negara-negara ASEAN, di Jakarta, Selasa (5/9). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pertanian (Kementan) selaku perwakilan Asean Ministers on Agriculture and Forestry (AMAF) Indonesia mendorong semua negara KTT ASEAN untuk memperkuat strategi pembangunan ketahanan pangan.

Khususnya dalam merespon tantangan global mulai dari pesatnya pertumbuhan populasi, pemulihan dampak pandemi, ketegangan geopolitik hingga peningkatan intensitas perubahan iklim.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, persoalan dan isu ketahanan pangan membutuhkan kolaborasi dan sinergitas yang erat terutama dalam mengoptimalkan kepentingan ASEAN pada sektor perdagangan, transportasi, keuangan dan sektor terkait lainnya.

Baca juga : Kamala Harris: ASEAN Jadi Pusat AS di Indo Pasifik

"Selain itu, kolaborasi dengan negara mitra Asean seperti China, Jepang, Korea dan Inggris juga perlu diintensifkan untuk mendorong sistem pertanian dan pangan yang berkelanjutan," ujar SYL, Selasa (5/9).

Sejauh ini, menurut SYL, beberapa negara mitra dialog Asean telah menyatakan komitmennya dalam mendukung implementasi deklarasi ini. Pemerintah Inggris melalui kantor Foreign, Commonwealth and Development Office (FCDO) di Jakarta bahkan telah menyampaikan dukungannya melalui pelaksanaan kajian atau perumusan metodologi tingkat ketahanan pangan.

"Sementara pemerintah China telah menyatakan komitmennya melalui Action Plan on Green Agricultural Development dan Pemerintah Jepang melalui Midori Cooperation Plan. Kedua project plan tersebut telah mencakup berbagai rencana kegiatan kerjasama yang menitikberatkan kepada kesesuaian dan kebutuhan teknologi dalam mewujudkan pertanian yang tangguh dan berkelanjutan," jelasnya.

Baca juga : Wapres Ajak Pebisnis ASEAN Perkuat Ketahanan Pangan

Sebagai informasi, pertemuan para pemimpin Asean Leaders Declaration on Strengthening Food Security and Nutrition in Response to Crisis menjadi salah satu capaian pertemuan Asean Summit ke-43 yang diadakan tanggal 5 September 2023 di Jakarta Convention Center.

Deklarasi yang diusulkan oleh AMAF ini disusun atas dasar urgensi pemangku kepentingan di negara ASEAN dalam menyusun strategi membangun ketahanan pangan di kawasan, khususnya dalam merespon tantangan global mulai dari pesatnya pertumbuhan populasi, pemulihan dampak pandemi Covid-19, ketegangan geopolitik dan peningkatan intensitas perubahan iklim.

Berdasarkan kesepakatan ini, deklarasi ini menitikberatkan pada dua strategi penanganan krisis pangan yaitu, aksi cepat Asean dalam menghadapi krisis pangan dan gizi serta meningkatkan kesiapsiagaan ASEAN dalam mengantisipasi krisis pangan di masa mendatang melalui penguatan ketangguhan serta keberlanjutan (sustainability) sistem pertanian dan pangan.

Baca juga : Bank DKI Gandeng SPE Solution Perkuat Layanan Uang Digital

AMAF telah sepakat untuk menyusun rencana aksi Asean Regional Guideline on Sustainable Agriculture sebagai panduan implementasi panduan pertanian berkelanjutan di masing-masing negara Asean.

Selain itu, fasilitasi akses pembiayaan bagi petani skala kecil, pasokan pupuk yang memadai, dan investasi yang ditujukan untuk ketangguhan terhadap dampak perubahan iklim dan pertanian berkelanjutan juga akan terus ditingkatkan.

Di samping program-program untuk mengatasi food loss and waste (FLW) seperti Food Rescue, Save Food, dan Food Bank juga akan terus digalakan secara intensif.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.