Dark/Light Mode

Kamala Harris: ASEAN Jadi Pusat AS di Indo Pasifik

Rabu, 6 September 2023 22:12 WIB
Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris bersama Presiden Jokowi. (Foto: Media Center KTT ASEAN)
Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris bersama Presiden Jokowi. (Foto: Media Center KTT ASEAN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris menegaskan komitmen negaranya terhadap keamanan dan kemakmuran kawasan ASEAN. AS memiliki komitmen jangka panjang terhadap Asia Tenggara, terutama terhadap kawasan Indo Pasifik.

Hal tersebut disampaikan Kamala dalam pertemuan ASEAN-AS yang merupakan bagian dari KTT ke-43 ASEAN 2023. Kamala mengatakan, pihaknya bangga dengan kekuatan Pasifik. Rakyat AS mempunyai kepentingan besar dalam masa depan Indo Pasifik.

“Kami berbagi ikatan sejarah dan nilai-nilai bersama dengan banyak orang dan negara di sini,” kata Kamala, di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (6/9).

Baca juga : Jokowi: Komitmen ASEAN Bangun Indo Pasifik Damai, Sudah Walk The Talk

Kamala menyebut, ASEAN merupakan pusat komitmen AS terhadap Indo Pasifik. Pihaknya berkomitmen terhadap sentralitas ASEAN. Dia mengaku senang, visi kolektif AS untuk Indo Pasifik memiliki keselarasan yang kuat.

Sejak menjabat bersama Presiden Joe Biden, dia mengklaim telah memperluas hubungan AS-ASEAN. “Untuk itu, kami telah meningkatkan hubungan tersebut menjadi kemitraan strategis yang komprehensif,” ucapnya.

Kamala menambahkan, aliansi dan kemitraan ini mendukung keamanan dan kemakmuran AS dan ASEAN. Dia mengutip ucapan Presiden Jokowi yang menyebut arus perdagangan antara Asia Tenggara dan AS telah mendukung lebih dari 600 ribu lapangan kerja di negaranya.

Baca juga : RI Dipuji Malaysia

Menurutnya, kerja sama ekonomi AS-ASEAN menghadirkan peluang pertumbuhan yang sangat besar bagi kedua belah pihak. Tak hanya itu, Harris menyebut pertahanan dan pencegahan AS serta pertanyaan-pertanyaan keamanan di Asia Pasifik membantu, melindungi Tanah Airnya dan menjamin stabilitas regional.

“Oleh karena itu, merupakan kepentingan utama kita untuk memajukan multi kawasan yang terbuka, saling terhubung, sejahtera, aman, dan berketahanan,” ujar perempuan pertama yang jadi Wapres AS itu.

Dalam bidang investasi, lanjutnya, AS telah berinvestasi pada infrastruktur dan ekonomi digital. Pihaknya juga meluncurkan inisiatif besar untuk mengatasi krisis iklim dan keamanan yang sehat. “Kami juga memperluas program pertukaran budaya dan pendidikan,” jelasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.