Dark/Light Mode

Golden Visa Mulai Ditebar

Pemerintah Targetkan Orang-orang “Keren”

Kamis, 7 September 2023 07:30 WIB
Menteri Koordinator (Men­ko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Antara)
Menteri Koordinator (Men­ko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
“Pemberian Golden Visa ter­hadap Altman menjadi bentuk konkret peran Ditjen Imigrasi mensukseskan pembangunan ekosistem AI di Indonesia,” kata Silmy.

Eks Direktur Utama PT Krakatau Steel ini menjelaskan, sebagai pemegang Golden Visa, Altman dapat menikmati sejumlah manfaat eksklusif.

Yaitu, jalur pemeriksaan dan layanan prioritas di bandara, jangka waktu tinggal lebih lama, kemudahan keluar dan masuk Indonesia serta efisiensi. Sebab, tidak perlu lagi mengurus Izin Tinggal Terbatas (ITAS) ke kan­tor Imigrasi.

Baca juga : Jaga Inflasi, Jokowi Minta Pemda Tingkatkan Cadangan Pangan

“Kami berikan karpet merah sebagai imbal balik atas sumber daya yang bisa mereka berikan kepada Indonesia,” ungkapnya.

Menurut Silmy, pemberian Golden Visa sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) Nomor 22 Tahun 2023 serta Peraturan Menteri Keuangan Nomor 82 Tahun 2023.

Silmy menuturkan, ada beberapa kategori Golden Visa. Selain atas dasar investasi atau penanaman modal. Salah satunya, akan diberikan kepada tokoh yang mempunyai reputasi internasional dan dapat memberikan manfaat untuk Indonesia.

Baca juga : Tangani Polusi Jakarta, Pemerintah Harus Fokus Pulihkan Hutan Dan Kawasan Hijau

“Dalam memperoleh Golden Visa, harus diusulkan oleh instansi Pemerintah Pusat. Seperti CEO Sam Altman ya, Presiden Jokowi juga mau dia sering ke Indonesia, ya kita kasih,” bebernya.

Sementara, Direktur Eksekutif Center for Strategic and International Studies (CSIS) Yose Rizal Damuri mengatakan, Golden Visa jangan sekadar pemanis.

“Golden Visa hanya kebijakan memfasilitasi investasi, bukan faktor penarik utama. Tidak menjamin bisa menarik investor asing,” katanya.

Baca juga : PBLN Minta Pemerintah Kaji Larangan Tangkap Benur

Menurut Yose, memperbaiki faktor mendasar seperti ke­mampuan menciptakan iklim usaha yang kondusif, keamanan dalam negeri, serta produktivitas ekonomi dan tenaga kerja, men­jadi faktor penting yang harus dibenahi Pemerintah ketimbang menerbitkan regulasi kemuda­han izin tinggal.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis 7/9/2023 dengan judul Golden Visa Mulai Ditebar, Pemerintah Targetkan Orang-orang “Keren”

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.