Dark/Light Mode

Bangun Infrastruktur Di IKN

Pemerintah Ajak Jepang

Jumat, 8 September 2023 07:30 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan pertemuan dengan sejumlah Delegasi Jepang yang dipimpin oleh Penasihat Khusus Perdana Menteri Jepang Mori Masafumi pada Rabu (6/9).
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan pertemuan dengan sejumlah Delegasi Jepang yang dipimpin oleh Penasihat Khusus Perdana Menteri Jepang Mori Masafumi pada Rabu (6/9).

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia mengajak Jepang ikut terlibat dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia. Mulai dari infrastruktur transportasi hingga pembangunan bendungan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengaku telah bertemu dengan delegasi Jepang yang dipimpin Penasihat Khusus Perdana Menteri Jepang, Mori Masafumi. Salah satu pembahasan pada pertemuan tersebut soal IKN.

“Kami membahas penguatan kerja sama infrastruktur an­tarkedua negara. Salah satunya pembangunan IKN Nusantara,” ujar Basuki dalam keterangan pers di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Partai Pemerintah Mulai Saling Serang

Menteri yang hobi bermain drum ini mengatakan, terdapat sejumlah pekerjaan yang baik untuk dilakukan kerja sama antara Indonesia dan Jepang. Antara lain, rencana penyediaan sarana transportasi publik.

Infrastruktur yang sedang direncanakan adalah pem­bangunan kereta api dari Balik­papan ke IKN. Kereta api akan menjadi sarana pendukung transportasi masyarakat menuju ke IKN.

“Kalau ini (kereta api) untuk meningkatkan akses ke IKN. Untuk saat ini, baru dibangun ja­lan tol yang akan mempersingkat waktu tempuh dari Balikpapan,” tuturnya.

Baca juga : Menperin: PMI Manufaktur RI Bertahan Ekspansif 

Selain itu, diperlukan inves­tasi di bidang komersil. Seperti properti, hotel, rumah komersil dan rumah sakit.

“Jika ada investor yang ter­tarik dan merasa kesulitan bisa langsung bertemu saya. Saya siap membantu dan memastikan kemudahan berinvestasi,” ucap Basuki.

Tidak hanya untuk infrastruk­tur transportasi dan property, pembahasan yang dianggap tidak kalah penting untuk IKN adalah kerja sama penyediaan air bersih hingga energi.

Baca juga : Jaga Inflasi, Jokowi Minta Pemda Tingkatkan Cadangan Pangan

Dalam penyediaan air baku, Pemerintah merencanakan Pem­bangunan Bendungan Batu Le­pek.

Bendungan tersebut perlu dibangun karena akan mendukung kapasitas Bendungan Sepaku Semoi. Nantinya, dari kedua bendungan tersebut akan saling mendukung dalam penyediaan air bersih bagi penduduk di IKN.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.