Dark/Light Mode

Lindungi Dari Radikalisme, BNPT Gencarkan Desa Siapsiaga Dan Sekolah Damai

Jumat, 8 September 2023 17:32 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menginisiasi hadirnya sejumlah program untuk melindungi masyarakat dari paham radikalisme.

Program tersebut di antaranya adalah Desa Siapsiaga dan Sekolah Damai.

Kepala BNPT Komjen Rycko Amelza Dahniel mengatakan, Desa Siapsiaga adalah program dari BNPT untuk menciptakan desa yang toleran dan mampu mencegah masuknya ideologi radikalisme, ekstremisme, dan terorisme.

Kolaborasi aktif pada Desa Siapsiaga ini akan dilakukan tidak hanya dengan masyarakatnya saja, akan tetapi semua instrumen termasuk perangkat desa setempat.

Baca juga : Gus Falah: Perangi Radikalisme Dengan Regulasi

“Perangkat desa serta seluruh masyarakat desanya,” kata Rycko, Jumat (8/9).

Terdapat tiga kriteria desa yang akan menjadi agen perdamaian dan penanggulangan terorisme bersama dengan pemerintah melalui BNPT.

Pertama, desa tersebut harus mampu menjaga moderasi beragama di lingkungan masyarakatnya.

Kedua, desa tersebut harus mampu menjaga kerukunan dan harmonisasi antara sesama masyarakatnya dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca juga : Liga 2 Resmi Diluncurkan, Pegadaian Jadi Sponsor Utama

Ketiga, kategori desa tersebut siap memastikan menolak semua praktik kekerasan, radikalisme dan sejenisnya.

Sedangkan Sekolah Damai BNPT adalah program yang bertujuan menciptakan lingkungan sekolah damai dan toleran dalam keberagaman.

Program ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mencegah terjadinya radikalisme dan terorisme di kalangan pelajar, yang melibatkan berbagai pihak, seperti guru, siswa, orang tua, dan masyarakat sekitar untuk berkolaborasi.

"Pembangunan Sekolah Damai dalam rangka membangun ketahanan sekolah yang toleran, moderasi beragama dan memiliki ketahanan terhadap masuknya ideologi radikalisme, ekstremisme dan terorisme," ungkap Rycko.

Baca juga : Top, BPN Sultra Teken 51 Perjanjian Kerja Sama Dengan Sejumlah Lembaga

Belum lama ini, BNPT secara resmi telah mengukuhkan pilot project program Desa Siapsiaga di Desa Pelamunan di Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Masyarakat Desa Pelamunan sudah dikategorikan tanggap dalam menangkal dan mencegah potensi radikalisme dan siap dalam menghadapi ancaman ideologi kekerasan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.