Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Hattrick Penghargaan, Cara Ganjar Kembangkan UMKM Bisa Diterapkan Skala Nasional

Jumat, 11 Agustus 2023 19:24 WIB
Ganjar Pranowo (Foto: Ist)
Ganjar Pranowo (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dinilai sukses mengatasi persoalan pembiayaan hingga membuat UMKM di wilayahnya menjadi berkembang.

Strategi Ganjar dalam memajukan UMKM dianggap layak untuk di eskalasi secara nasional.

Pengamat ekonomi, Harry Seldadyo melihat Ganjar memiliki kapasitas yang luar biasa untuk mendorong pertumbuhan sektor UMKM di Jateng.

Hal itu terlihat dari tig penghargaan yang diperoleh Ganjar dalam sektor pembiayaan bagi UMKM.

“Kita bisa melihat kalau Jawa Tengah tiga kali mendapat mendapatkan penghargaan itu artinya sudah ada jalur yang bisa diikuti dan itu jalur terbukti berhasil, sehingga dia menjadi best practice tepat untuk ditiru,” ujar Harry, dalam keterangan resmi.

Baca juga : Bantu Nelayan Hemat Pengeluaran, Ganjar Luncurkan Perahu Listrik Di Cilacap

Berkaca dari hal itu, Harry berkata, cara Ganjar mengembang UMKM layak untuk digunakan secara nasional.

Cara yang digunakan Ganjar berpotensi mendorong pertumbuhan ekonomi secara nasional.

Harry menjelaskan, pembiayaan usaha bagi UMUM merupakan persoalan yang sejak lama tak kunjung bisa diselesaikan.

Di Jateng, dia melihat persoalan tersebut berhasil diatasi oleh Ganjar.

“Kalau begitu, ketika terobosan itu sudah diciptakan, ketika aksi itu sudah dibuka, tentu rahasia di balik itu yang perlu mendapatkan perhatian yang lebih jauh dan rahasia itu bisa dibagikan kepada khalayak banyak,” tuturnya.  

Baca juga : Tentukan Cawapres Ganjar, Mega Nyepi Di Bali

“Dan eskalasi menjadi penting ketika dia dijalankan oleh orang yang punya pengalaman tentang itu, dengan kata lain kita bisa menaruh harapan atas pengalaman ini sehingga usaha-usaha untuk menjangkau UMKM dan usaha super mikro yang lebih luas lagi bisa terjadi,” imbuh Harry. 

Harry juga menyebut, Ganjar bukan hanya berhasil mengembangkan UMKM. Namun,  gubernur Jateng dua periode itu juga diketahui menerima penghargaan secara hattrick alias tiga kali berturut-turut di berbagai bidang dari sejumlah kementerian/lembaga.

Seperti dua hattrick penghargaan Provinsi Ramah Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta hattrick Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) dari Bappenas RI.

"Pola-pola ini yang perlu untuk dieskalasi, untuk diperluas, dan tentu saja memberi harapan bagi kita semua, memberi harapan bagi banyak orang yang membutuhkan akses pada sumber-sumber pembiayaan,” tandas Harry.

Berdasarkan informasi, Ganjar kembali membawa Jateng mencetak hattrick penghargaan.

Baca juga : Sabet Dua Penghargaan, Bank DKI Semakin Populer

Kali ini, Ganjar membawa Jateng meraih penghargaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Award tahun 2022. Penghargaan dianugerahkan langsung oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Penghargaan tersebut telah diraih Ganjar sebanyak tiga kali, yakni KUR Award 2019, 2021, dan kini 2022.

Dalam penghargaan KUR tahun ini, Jateng dinobatkan sebagai Provinsi dengan strategi dan penyaluran KUR terbaik hingga menyentuh angka Rp 55,27 triliun.

Di Jateng, Ganjar menggagas program KUR Super Mikro dengan bunga hanya 3 persen per tahun untuk pengembangan UMKM yang menjadi pemantik pertumbuhan ekonomi kerakyatan.

Sebelumnya, bunga KUR Jateng sempat 12 persen, kemudian 9 persen, sampai akhirnya Jateng mendahului KUR nasional sebesar 6 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.