Dark/Light Mode

Dorong Produktivitas UMKM, Kemkominfo Perkuat Pertumbuhan Ekonomi Digital

Jumat, 8 September 2023 22:06 WIB
Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo Usman Kansong dalam Bincang E-Commerce bersama Asosiasi E-Commerce Indonesia idEA di Jakarta, Jumat (8/9). (Foto: Dok. Kemenkominfo)
Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo Usman Kansong dalam Bincang E-Commerce bersama Asosiasi E-Commerce Indonesia idEA di Jakarta, Jumat (8/9). (Foto: Dok. Kemenkominfo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Usman Kansong menegaskan, Pemerintah terus mendorong pengembangan ekonomi digital guna meningkatkan produktivitas pelaku usaha, khususnya UMKM serta masyarakat.

Menurut Usman, perkembangan teknologi yang kian dinamis, saat ini tengah membawa masyarakat pada fenomena ekonomi digital baru, yaitu social commerce (s-commerce).

Baca juga : Dorong Investor Prioritaskan Investasinya Ke UMKM, Menteri Bahlil Didukung DPR

Menurutnya media sosial juga dimanfaatkan sebagai sarana transaksi jual beli.

Usman menjelaskan, praktik s-commerce saat ini terbagi menjadi dua yaitu, yang difasilitasi platform dan yang dilakukan secara pribadi atau langsung antara sesama pengguna media sosial.

Baca juga : Bank DKI Gandeng SPE Solution Perkuat Layanan Uang Digital

Saat ini, tambah Usman, Kemkominfo memprioritaskan pengawasan e-commerce yang berbasis platform.

"Diperlukan komitmen kuat dalam meningkatkan literasi digital di Indonesia untuk mengantar masyarakat menuju Digital Society melalui percepatan pembangunan ekosistem infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi di wilayah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T), serta transformasi digital bagi pelaku UMKM," kata Usman dalam acara Bincang E-Commerce bersama Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) di Jakarta, Jumat (8/9).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.