Dark/Light Mode

Gaet Arsitek Top Dunia, Menhub Tinggalkan Sesuatu Di Tidore Usai Hari Nusantara

Jumat, 15 September 2023 21:57 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (BKS). (Foto: Instagram/budikaryas)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (BKS). (Foto: Instagram/budikaryas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (BKS) telah meninjau kesiapan lokasi dan infrastruktur transportasi di Tidore, Maluku Utara, yang akan menjadi tuan rumah Peringatan Hari Nusantara 2023 pada tanggal 10-14 Desember 2023 mendatang.

Tahun ini, Kemenhub mendapat kehormatan ditunjuk sebagai Ketua Pelaksana acara ini oleh Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves).

"Saya meninjau langsung untuk mengecek dimana lokasinya, bagaimana impresinya, dan apa upaya-upaya yang akan kita lakukan,” kata Menhub di Tidore, Jumat (15/9).

BKS mengaku gembira karena Tidore dipilih sebagai tuan rumah acara penting ini. Ia berharap acara tersebut dapat mengangkat potensi Kota Tidore serta mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.

Baca juga : Ratusan Truk Kepung Gubernuran, Nobatkan Ganjar Sebagai Bapak Truk Nusantara

“Indonesia memiliki banyak pulau menandai keberkahan dari Allah SWT. Kita harus memberikan dukungan pada pulau-pulau yang ada di seluruh Indonesia untuk berkembang,” sambungnya.

Menhub menyampaikan bahwa pihaknya menggandeng arsitek internasional Popo Danes untuk merancang panggung dan tempat singgah, untuk acara Hari Nusantara.

"Nanti hari H-nya kita akan bikin top, masyarakat Maluku Utara bahkan dari luar Provinsi datang ke sini," tutur Menhub.

Ia berharap, bangunan tersebut bisa menjadi kenang-kenangan bagi warga Tidore yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan lain setelah Hari Nusantara selesai.

Baca juga : Menhub Ajak Pemilik Terminal Khusus Di Kalsel Bikin Badan Usaha Pelabuhan

"Itu akan menjadi tanda bahwa hari Nusantara pernah dilaksanakan di sini," terangnya.

Untuk mendukung kesuksesan acara ini, Kemenhub telah menyiapkan sejumlah sarana transportasi, termasuk 30 unit bus mikro di Tidore dan Ternate selama pelaksanaan acara. 

Selain itu, ada 4 unit kapal rute Bastiong Ternate - Rum Tidore yang beroperasi sebanyak 3 trip pada pukul 08.00, 12.30 dan 15.30 dan rute Bastiong - Sofifi dan Bastiong - Sidangoli, juga 11 unit kapal penyeberangan perintis dengan 22 lintasan.

Ditjen Perhubungan Darat juga telah merehab Pelabuhan Penyeberangan Dowora dan Sofifi di Provinsi Maluku Utara pada tahun 2022, yang akan menjadi infrastruktur penyeberangan yang mendukung acara ini.

Baca juga : BPJamsostek Menara Gencarkan Sensus Kepatuhan Perusahaan

Selama kunjungan tersebut, Menhub didampingi oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Pj Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba, Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, Dirjen Perhubungan Udara Maria Kristi Endah Murni, Anggota Komisi V DPR RI Irine Yusiana, dan Walikota Tidore Ali Ibrahim.

Untuk diketahui, Hari Nusantara adalah peringatan Deklarasi Djuanda 13 Desember 1957 yang merupakan pernyataan Pemerintah mengenai wilayah perairan Indonesia sebagai wilayah teritorial yang menyatu dengan wilayah daratan. Sehingga semua perairan yang menghubungan daratan adalah bagian dari NKRI.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.