Dark/Light Mode

Hadiri Forum Internasional

Mendes PDTT Siap Pamerkan SDGs Desa Di Kantor Pusat PBB

Rabu, 21 Juni 2023 10:09 WIB
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar bakal memamerkan hasil-hasil pelokalan Sustainable Development Goals (SDGs), di forum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Pameran berjalan sepanjang dilaksanakannya High-Level Political Forum on Sustainable Development under the auspices of United Nations Economic and Social Council (Ecosoc), di Kantor Pusat PBB, New York, Amerika Serikat, 10-19 Juli.

“Hanya sebelas negara yang terseleksi untuk memamerkan hasil-hasil SDGs. Syukurlah, proposal Indonesia lulus. Sebagai catatan, Kemendes PDTT mendapat mandat untuk mewakili Indonesia,” kata Halim, seperti keterangan yang diterima RM.id, Rabu (21/6/2023).

Baca juga : Mendes PDTT Inisiasi Forum Pelokalan SDGs Di Kantor Pusat PBB

Sebelumnya, proposal Indonesia juga lulus untuk menyelenggarakan side event bertajuk Driving changes at the local level: Innovative approaches to localize the SDGs - Experiences, reflections, and ways forward.

“Kemendes PDTT juga menjadi host dalam side event ini," ujarnya.

Halim Iskandar menjelaskan rancangan pameran tersebut. Menurutnya, Indonesia ingin berbagi ide, konsep, dan praktik baik yang sudah dilakukan dalam melokalkan SDGs sampai ke tingkat kota dan desa.

Baca juga : Hari UMKM Nasional, Kemenkop UKM Siap Bawa Model UMKM Masa Depan

"Indonesia juga mempresentasikan konsep dan perkembangan pembangunan Ibu Kota Baru Indonesia. Kota Nusantara dikembangkan sebagai kota yang inklusif, cerdas, dan berkelanjutan," jelas politisi PKB ini.

Pameran tersebut bakal berbagi dan mempromosikan konsep, ide, dan implementasi inisiatif SDGs Desa. Pameran juga mempromosikan potensi berbagai desa dan kota di Indonesia, termasuk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara serta kebutuhan untuk mengembangkannya agar sejalan dengan tujuan-tujuan pembangunan yang berkelanjutan.

Pameran juga menyebarluaskan informasi tentang pembangunan desa dan kota di Indonesia, serta program pemberdayaan masyarakat dan program desa cerdas (smart village).

Baca juga : Harum Energy Mens World Tennis Tour, Indonesia Pastikan 1 Slot Di 16 Besar

Melalui pameran di Gedung Pusat PBB, bakal dibangun pula kolaborasi serta sinergi dengan calon mitra internasional untuk mendukung pembangunan desa dan kota berkelanjutan di Indonesia, sekaligus mempercepat pencapaian SDGs di tingkat lokal.

Sementara, Kepala Pusat Data dan Informasi Kemendes PDTT Theresia Junidar menambahkan, akan dipamerkan pencapaian SDGs Desa, berupa video dan narasi sukses atas tercapainya tujuan-tujuan SDGs Desa.

OTopik-topik tujuan SDGs Desa yang sajikan yaitu, tujuan 6 desa layak air bersih dan sanitasi, tujuan 7 desa berenergi bersih dan terbarukan, tujuan 9 infrastruktur dan inovasi desa sesuai jebutuhan, tujuan 11 jawasan permukiman desa aman dan nyaman, serta tujuan 17 kemitraan untuk pembangunan desa.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.