Dark/Light Mode

Ratusan Truk Kepung Gubernuran, Nobatkan Ganjar Sebagai Bapak Truk Nusantara

Selasa, 5 September 2023 10:53 WIB
Sebanyak 130 truk bergambar wajah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, terparkir di Jalan Pahlawan depan kantor Ganjar, Senin (4/9) sore. (Foto: Ist)
Sebanyak 130 truk bergambar wajah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, terparkir di Jalan Pahlawan depan kantor Ganjar, Senin (4/9) sore. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 130 truk bergambar wajah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, terparkir di Jalan Pahlawan depan kantor Ganjar pada Senin (4/9) sore. Para sopir pemilik truk ingin menyampaikan terima kasih atas jasa Ganjar selama dua periode memimpin Jawa Tengah.

Para sopir truk yang tergabung dalam kegiatan Gaspol Kopdar Truk Nusantara itu mengaku bangga memiliki seorang pemimpin yang tegas, disiplin, sederhana dan merakyat seperti Ganjar.

Apalagi sejak periode pertama kepemimpinannya, Ganjar langsung menunjukkan kinerjanya sebagai seorang pemimpin dengan menindak tegas tindakan pungli jembatan timbang yang terjadi di Kecamatan Subah, Kabupaten Batang.

Saat itu, Ganjar memergoki tindakan pungli yang dilakukan petugas dinas perhubungan kepada sopir truk yang melintasi jembatan timbang.

Ganjar pun geram sampai menggebrak meja akibat tindak penyelewengan yang terjadi secara langsung di hadapannya. Ganjar langsung menghubungi kepala dinas perhubungan saat itu untuk meminta keterangan.

Baca juga : Pamitan Sebagai Gubernur, Ganjar Diberi Gitar Tua Oleh Pengamen Jalanan

Sejak kejadian itu, kasus pungli di Jawa Tengah pun langsung menurun drastis lantaran ketegasan Ganjar yang tak segan-segan dalam menindak tindak penyelewengan yang terjadi. 

Kebanggaan pun diungkapkan Abah Toto (60), salah satu sopir truk yang menggambar wajah Ganjar di truknya. Saking bangganya dengan Ganjar, Toto mendesain videotron yang memvisualisasikan Ganjar di bagian belakang truknya.

"Jadi motivasinya kan beliau sebagai Gubernur Jawa Tengah ya kita bangga. Sangat bagus untuk kinerja beliau di Jawa Tengah. Jadi memang dua periode Pak Ganjar saya bisa merasakan kenyamanan untuk merasakan sebagai orang Jawa Tengah," kata Toto.

Toto menambahkan, meski ada aturan-aturan ketat yang ditegakkan Ganjar terkait beban berat muatan kendaraan dan pengetatan aturan jembatan timbang, namun hal itu membuat sopir truk merasa aman dari pungli.

Sebagai warga Jawa Tengah, Toto juga mengaku senang memiliki pemimpin yang dapat mengerti dan memahami kondisi rakyatnya seperti Ganjar.

Baca juga : Kebakaran Gunung Sumbing, Ganjar Minta Bantuan BNPB

"Meskipun ada aturan-aturan hukum yang tidak boleh dilanggar, akhirnya kita ikuti arahan beliau, aturan-aturannya ya kita nyaman-nyaman saja," tutur Toto.

Dia pun menyampaikan harapannya ke Ganjar agar bisa terpilih menjadi Presiden RI 2024-2029 dan membawa kinerja positifnya di Jawa Tengah ke tingkat nasional. 

"Semoga Pak Ganjar untuk jenjang berikutnya untuk mencalonkan di Pilpres 2024 ya semoga beliau memimpin Indonesia lagi sebagai presiden," ucap Toto.

Dalam acara tersebut, Ganjar turut dinobatkan sebagai Bapak Truk Nusantara oleh komunitas tersebut. Hal itu ditandai dengan pemberian replika truk untuk Ganjar dari Khoirul Syarifudin selaku koordinator acara tersebut.

Pada kesempatan sama, Ganjar menghaturkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan para sopir truk kepadanya. Ganjar juga mengaku tersanjung atas dukungan dan penggambaran wajahnya yang dilakukan para sopir. 

Baca juga : Relawan Buruh Sahabat Ganjar Gelar Aksi Bedah Rumah di Sumut

Bahkan, para sopir juga beberapa kali mengadakan lomba lukis menggambar wajah Ganjar sebagai bentuk apresiasinya kepada orang nomor satu di Jawa Tengah itu.

"Mereka punya satu sense sendiri bahwa kalau truknya dilukis, itu jadi kebanggaan. Lalu seni lukisya sendiri macam-macam, ada yang lukis tangan, ada yang film, ada yang dengan air brush jadi memunculkan kreator-kreator yang luar biasa," ujar Ganjar.

"Sekarang mereka menyampaikan dalam gambar-gambar yang ada di truknya. Tentu saya merasa tersanjung kawan-kawan berkenan main ke sana bawa truknya dengan karya-karyanya yang menarik," lanjut Ganjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.