Dark/Light Mode

BAKTI Kominfo Gelar Bimtek Digitalisasi Pendidikan Untuk Guru Di 7 Kota

Selasa, 19 September 2023 13:01 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (BAKTI Kominfo) menggandeng Balai Layanan Platform Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (BLPT Kemendikbudristek) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (bimtek) Peningkatan Kompetensi Guru Bidang Teknologi Komunikasi Informasi (TIK) di Sekolah Penerima Bantuan Akses Internet BAKTI level basic dan intermediate.

Penyelenggaraan bimtek berlangsung di tujuh kota di Indonesia, yakni Medan, Pontianak, Batam, Yogyakarta, Makassar, Sorong, dan Lombok.

Jadwal pelaksanaan bimtek ketujuh kota itu dimulai sejak akhir Mei hingga Agustus lalu.

Pesatnya kemajuan teknologi era 4.0 yang menembus semua lini aktivitas di seluruh negara, termasuk sektor pendidikan nasional menjadi awal latar belakang dilaksanakannya safari bimtek di tujuh kota di Indonesia ini.

Diperlukan kerja sama dan sinergi berbagai unsur sebagai upaya membangun ekosistem pendidikan digital.

Bimtek di tujuh kota yang digelar BAKTI Kominfo bersama BLPT Kemendikbudrisek ini merupakan pengembangan dan peningkatan layanan pendidikan dari infrastruktur hingga dukungan non-fisik.

Seperti, kebijakan dan program pembangunan sumber daya manusia (SDM) pendidikan berkompeten.

Baca juga : BAKTI Kominfo Wilayah Kerja Surabaya Bekali Pelatihan Teknis Bagi BUMDes

"Guru harus memahami teknologi digital saat ini sehingga mampu meningkatkan daya saingnya di level internasional. Dengan pelaksanaan Bimtek di tujuh kota maka agar para guru agar lebih mampu mengoptimalkan platform pendidikan yang dimiliki oleh Kemendikbudristek," ujar Kepala Divisi Layanan TI untuk Pemerintah, BAKTI Kominfo, Latifah Hanum.

Latifah Hanum menjelaskan, bimtek seperti ini merupakan perwujudan pengembangan digitalisasi pada layanan sektor pendidikan.

Kegiatan diinisiasi bersama dengan Kemendikbudristek untuk tujuan meningkatkan kompetensi dan mutu para guru dalam bekerja.

"Besarnya peran guru dalam inovasi pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi digital ke para siswanya akan menjadi satu langkah kemajuan untuk satu generasi bangsa Indonesia selanjutnya," tuturnya.

Dia menambahkan, dukungan pembekalan peningkatan kapasitas bagi tenaga pendidik dalam mengoptimalkan teknologi digital untuk pembelajaran bukan hanya berhenti pada tahapan ini saja.

Nantinya juga berlanjut dengan tahapan intermediate, untuk membimbing para guru lebih dalam.

Dengan begitu, mereka mampu memanfaatkan platform pendidikan yang ada dan membuat konten kreatif sehingga mengakselerasi murid menuju era digitalisasi.

Baca juga : Ini Bentuk Dukungan Jasa Industri Untuk Hilirisasi

Sementara itu, Pranata Komputer Ahli Muda dan Ketua Pokja Pelayanan Pemanfaatan BLPT Agus Ali Sriwartono menuturkan, kehadiran internet dalam proses pendidikan menjadi salah satu kebutuhan mendasar saat ini bagi peserta didik, khususnya dalam hal meningkatkan bahan pembelajaran.

"Dibutuhkan juga dukungan peningkatan sumber daya manusia pendidikan yang ada. Semua SDM pendidikan perlu meningkatkan penguasaan digital karena memiliki banyak peluang dalam mempercepat proses dan melahirkan inovasi baru," papar Ali.

Ali mengungkapkan, penyelenggaraan bimtek seperti ini menjadi program penting untuk mempercepat proses transformasi digital di sektor kebijakan strategis pemerintah bidang pendidikan.

Serangkaian materi disampaikan selama berlangsungnya bimtek tentang digitalisasi pendidikan di tujuh kota.

Antara lain, literasi digital, pengelolaan platform pendidikan, maupun optimalisasi pemanfaatan internet di sekolah.

Kegiatan bimtek Peningkatan Kompetensi Guru Bidang TIK di Sekolah Penerima Bantuan Akses Internet BAKTI yang berlangsung di tujuh kota ditanggapi positif oleh para peserta tenaga pendidik di setiap wilayah.

Salah satunya mengemuka dalam pelaksanaan bimtek di Yogyakarta, 7-11 Agustus 2023, yang diikuti puluhan guru dari 15 Sekolah Dasar (SD) negeri dan swasta di area Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Baca juga : Kowarteg Dukung Ganjar Sosialisasikan Gaya Hidup Sehat Untuk Ibu-Ibu Di Surabaya

Guru SD Negeri 1 Jenengan, Boyolali, Jawa Tengah, Anisa Ria Ulfa mengungkapkan rasa senangnya ikut serta pada bimtek sebab mendapat banyak hal dan ilmu pengetahuan baru.

Anisa berkomitmen, akan membantu teman-teman di lingkungan sekolahnya supaya menciptakan proses pembelajaran lebih baik dan terintegrasi dengan kemajuan teknologi.

Begitu pula dengan guru SD Negeri 1 Jatirejo, Wonogiri, Jawa Tengah, Sarwanto yang ingin segera mempraktikkan ilmu pengetahuan telah diperoleh selama bimtek. 

"Saya ingin menerapkannya ke kegiatan belajar mengajar sehingga murid-murid dapat lebih baik lagi nantinya dalam menyerap ilmu pengetahuan di sekolah," imbuh Sarwanto.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.