Dark/Light Mode

BAKTI Kominfo Wilayah Kerja Surabaya Bekali Pelatihan Teknis Bagi BUMDes

Selasa, 19 September 2023 12:55 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (BAKTI Kominfo) Wilayah Kerja IV Surabaya menggelar Pelatihan Jaringan Internet serta Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), di Malang, Jawa Timur, 3-9 September 2023.

Pelatihan diikuti perwakilan tenaga teknis Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dari Pulau Jawa yang tercakup dalam wilayah kerja Surabaya.

Penyelenggaraan pelatihan ditujukan guna meningkatkan kapasitas dan kemampuan staf BUMDes di Indonesia sehingga berpengaruh pada jasa pelayanan yang baik ke pelanggan dan mampu menarik minat masyarakat untuk memanfaatkan akses telekomunikasi dan informatika BUMDes.

Selain itu pula, pelatihan dirasa penting sebab dapat mendukung penyelenggaraan bisnis BUMDes secara aman dan baik sehingga tetap terus berkegiatan lancar maupun berkelanjutan.

Kepala Wilayah Kerja Surabaya, Taruna Perdana Adi, mengatakan, pihaknya komitmen memfasilitasi dapat terwujudnya kemampuan desa menyelenggarakan layanan telekomunikasi dan informasi secara mandiri.

Sehingga, mampu menjalankan mengelola potensi wilayahnya berbasis teknologi digital.

Taruna mengungkapkan, BAKTI Kominfo terus bergerak membangun infrastruktur telekomunikasi dan ekosistem TIK yang bersinergi bersama kementerian dan lembaga pemerintah lainnya.

Baca juga : Putin-Kim Bahas Kerja Sama Militer, PBB Didesak Jatuhkan Sanksi Ke Korut Rusia

Salah satu realisasi kerja sama tersebut adalah dengan lembaga pemerintah tingkat BUMDes.

“Perkembangan teknologi saat ini telah berkembang pesat dan kebutuhan masyarakat terhadap teknologi dalam peningkatan kualitas hidup juga turut menanjak dalam bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lain-lain,” kata Taruna.

Selanjutnya, Taruna mengemukakan, selain kerja sama peningkatan kapasitas staf BUMDes seperti pelatihan sekarang, BAKTI Kominfo juga melakukan kinerja pendampingan lainnya.

Ini rerdiri dari monitoring evaluasi, permasalahan dan kebutuhan BUMDes

“BAKTI Kominfo selalu ingin berusaha memberikan pelatihan-pelatihan lain yang sesuai dengan kebutuhan BUMDes sehingga dapat makin berkembang di masa depan,” tutur Taruna. 

Dia berharap, melalui pelaksanaan pelatihan peningkatan kapasitas seperti ini diharapkan BUMDes dapat lebih semakin mandiri dan mampu menjalankan bisnisnya di bidang telekomunikasi dan informasi yangi bermutu.

Tak lupa, Taruna mengingatkan mengenai pentingnya komitmen seluruh peserta pelatihan untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan diperoleh ke lingkungan kerja di BUMDes masing-masing.

Baca juga : Kapolri: AMMTC Hasilkan 4 Deklarasi, Kerja Sama Berantas Kejahatan Lintas Negara

“Peserta yang telah mendapatkan ilmu dalam pelatihan ini berkesempatan mengikuti ujian sertifikasi kemudian juga diimbau turut membangun BUMDes dalam bidang teknis ini paling tidak selama tiga tahun. Lalu bersedia menjadi agen informasi dan pengembangan kepada rekan-rekan di BUMDes lain yang belum mendapat pelatiha serupa,” ucap Taruna.

Mandirinya BUMDes, kata Taruna, akan membuat ekonomi desa mandiri juga. Desa akhirnya memiliki pendapatan asli desa sehingga tercipta peningkatan taraf hidup penduduknya. 

Antusiasme terhadap Pelatihan Jaringan Internet serta K3 yang dilaksanakan BAKTI Kominfo Wilayah Kerja IV Surabaya juga diungkapkan para peserta.

Bastiar, staf dokumentasi BUMDes Cikedokan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menyatakan bahwa ia mendapatkan informasi pengetahuan yang selama ini tidak diketahuinya.

“Saya memperoleh tambahan ilmu baru tentang mikrotik. Hal ini tentu saja menunjang pekerjaan saya di BUMDes. Pengetahuan baru ini akan diterapkan ke BUMDes saya supaya makin maju dan mandiri nantinya,” lanjut Bastiar.

Begitu juga dengan Dewi Yuriana dari BUMDes Sambirejo, Sleman, Yogyakarta.

Dari pelatihan yang diikuti, Dewi akhirnya memahami tentan Ilmu jaringan internet sehingga dapat dikembangkan di BUMDes-nya.

Baca juga : Ikut Jokowi Ke Afrika, Pertamina Kerja Sama Dengan Perusahaan Energi Kenya

Menurut Dewi, ilmu jaringan internet didapatnya jika dipraktikkan diharapkan mampu membuat BUMDes-nya makin maju dan canggih.

Bahkan Dewi juga berencana ingin melakukan kerja sama antara BUMDes-nya dengan BAKTI Kominfo.

Pelatihan Jaringan Internet serta K3 diisi dengan serangkaian kegiatan yakni pembekalan materi teknis dari lembaga pendidikan “Xinau".

Seperti, instalasi dan aktivasi radiolink, pengenalan dan simulasi konfigurasi wifi, teknik dan praktik instalasi-aktivasi fiber optik, pengaturan traffic dan bandwidth limiter.

Kegiatan diakhiri dengan ujian kompetensi dan praktikum yang diawasi dan dinilai langsung oleh tim asesor dari lembaga sertifikasi yang kompeten.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.