Dark/Light Mode

Wamen ATR/BPN Serahkan Sertipikat Taman Masjid Al Jabar Di Bandung

Kamis, 21 September 2023 18:04 WIB
Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional ATR/BPN, Raja Juli Antoni, menyerahkan 11 sertipikat tanah yang terdiri dari tanah wakaf dan Barang Milik Daerah BMD di Bandung, Jawa Barat, Kamis (21/9). (Foto: Ist) 
Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional ATR/BPN, Raja Juli Antoni, menyerahkan 11 sertipikat tanah yang terdiri dari tanah wakaf dan Barang Milik Daerah BMD di Bandung, Jawa Barat, Kamis (21/9). (Foto: Ist) 

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Raja Juli Antoni, menyerahkan 11 sertipikat tanah yang terdiri dari tanah wakaf dan Barang Milik Daerah (BMD) di Bandung, Jawa Barat, Kamis (21/9). 

Bertempat di aula Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Barat, Wamen ATR/BPN menyebutkan layanan sertifikasi wakaf mengalami lonjakan sertifikasi pada saat Presiden Jokowi memimpin pemerintahan. Bahkan peningkatannya hingga 546 persen dibandingkan dengan pemerintahan sebelumnya. 

“Dulu tahun 1977 saat Peraturan Pemerintah tentang wakaf lahir hingga tahun 2014, layanan sertipikat wakaf kita hanya 2680 sertipikat saja. Tetapi saat Presiden Jokowi memimpin pemerintahan, layanan sertipikat wakaf kita meningkat menjadi 14.651 sertipikat pertahun atau meningkat 546 persen,” terang Raja Antoni. 

Baca juga : Sah! Wamen ATR/BPN Serahkan Sertipikat HPL Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo

Wamen ATR/BPN menjelaskan bahwa capaian yang meningkat tersebut merupakan dedikasi dan kerja keras jajaran ATR/BPN dalam rangka memberikan kepastian hukum atas tanah masyarakat.

“Saya sangat berterima kasih kepada seluruh jajaran yang bekerja bermandikan keringat demi kepastian hukum atas tanah masyarakat,” sambung Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tersebut. 

Oleh karena itu, Raja Antoni mengajak supaya capaian yang signifikan ini tetap dipertahankan bahkan ditingkatkan lebih tinggi lagi hingga tidak adalagi tanah umat yang tidak bersertipikat. 

Baca juga : Menteri Hadi Tjahjanto Serahkan Sertipikat Tanah Seminari Labuan Bajo

Raja Antoni mengungkapkan sertifikasi tanah wakaf akan sangat bermanfaat bagi bidang tanah yang dimiliki oleh umat dan wakif yang mendermakan tanahnya. 

Ia meyakini sertipikat tersebut akan menghadirkan rasa aman dan nyaman bagi umat dalam menjalankan kegiatan ibadah maupun kegiatan sosial keagamannya sekaligus menjaga niat baik para wakif. 

“Alasannya sedehana agar umat bisa beribadah dan berkegiatan dengan nyaman. Pada saat yang sama niat baik para wakif yang mendermakan tanahnya juga menjadi amal jariyah,” ungkap Wamen ATR/BPN. 

Baca juga : Dubes Ubaedillah Serahkan Surat Kepercayaan kepada Sultan Brunei

Dalam kesempatan tersebut, sertipikat yang diserahkan oleh Wakil Menteri ATR/BPN diantaranya adalah 4 Sertipikat Wakaf peruntukan lembaga pendidikan, SDIT, Pemakaman di Kabupaten Bandung, 3 Sertipikat Wakaf Peruntukan Masjid di Kabupaten Bandung Barat.

Selanjutnya terdapat 2 Sertipikat Wakaf peruntukan Masjid di Kota Cimahi serta 1 sertipikat peruntukan Taman Masjid Aljabar dan 1 sertipikat peruntukan taman foto milik Pemkot Bandung. 

Turut hadir dalam penyerahan sertipikat tersebut Kepala Kantor Wilayah BPN Jawa Barat, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bandung, Kepala Kantor Pertanahan Kota Bandung, Kepala Kantor Pertanahan Kota Cimahi, Kepala Pertanahan Kabupaten Garut yang dilanjutkan pengarahan bersama Kantor Pertanahan lainnya se Provinsi Jawa Barat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.