Dark/Light Mode

3 Hari Di IKN, Presiden, Menteri, Semuanya Happy

Minggu, 24 September 2023 08:30 WIB
Presiden Jokowi bersama para artis di IKN. (Foto: Twitter Jokowi)
Presiden Jokowi bersama para artis di IKN. (Foto: Twitter Jokowi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi melanjutkan kunjungan kerja hari ketiga di Ibu Kota Nusantara (IKN), di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (23/9/2023). Selama tiga hari di IKN, eks Wali Kota Solo itu, tak hanya meninjau pembangunan infrastruktur yang sudah terlihat bentuknya, tapi juga menggelar berbagai acara ringan yang bikin suasana lebih hidup dan ceria. Tiga hari di IKN, Presiden tampak happy. Para menteri pun ikut happy.

Jokowi memulai kunjungan kerja di IKN pada Kamis lalu. Kunjungan kerja ke IKN kali ini memang terasa berbeda dari kunjungan sebelumnya. Eks Gubernur DKI Jakarta itu tak hanya menikmati suasana hutan Kalimatan dengan kemping di kawasan Titik Nol. Namun juga menyaksikan langsung bagaimana gedung-gedung di IKN mulai tumbuh menjulang di tengah hutan.

Kawasan IKN yang sebelumnya sepi dan tenang, kini terasa lebih hidup. Para pekerja proyek sudah makin banyak. Alat-alat berat tampak berjejer di sana sini. Suara deru mesin, palu, alat berat dan suara khas proyek  pembangunan terdengar sayup-sayup.

Kawasan IKN yang awalnya berupa hutan dengan pohon-pohon tinggi pun sudah berubah. Beberapa gedung seperti Istana Negara, Kantor Presiden, sudah mulai terlihat wujudnya. Ikon Kantor Presiden yang berupa sayap garuda yang membentang misalnya, sudah terlihat tanda-tanda kemegahannya.

Kawasan tempat Jokowi dan para menteri menginap pun sudah jauh lebih cantik dan tertata. Di awal-awal peresmian IKN, Jokowi dan para menteri menginap di tenda "Decathlone". Sekarang, tenda tersebut sudah berganti dengan kabin, berupa bangunan semi permanen. Menginap di sana, seperti sedang liburan di penginapan ekowisata yang ada di sekitaran Puncak.

Hal lain yang bikin lebih berwarna, dalam kunjungan kali ini Jokowi mengajak sejumlah pegiat seni, artis, dan pegiat dunia maya. Di tempat menginap, Jokowi menggelar acara bertajuk Malam Apresiasi Nusantara.

Baca juga : Pinjol, Menteri Saja Curhat…

Untuk acara ini, panitia membangun sebuah panggung kecil  di antara rindang pohon-pohon. Lampu-lampu berwarna kuning  membentang di antara pohon. Acaranya mirip-mirip dengan acara konser Anak Senja yang sedang digandrungi remaja saat ini.

Suasana malam lebih hidup dengan penampilan, grup musik Gigi dengan pemain drum tamu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Saking semangatnya, Pak Bas yang terkenal nyentrik ini sampai mematahkan stik drumnya. Tampil juga Aurelie Moeremans yang membawakan lagu-lagu dangdut.

"Acara ini digelar sebagai wujud terima kasih atas dukungan masyarakat dan pekerja  yang telah bekerja siang malam untuk mewujudkan IKN," tulis Jokowi di akun Instagram miliknya, kemarin.

Para menteri tampaknya ikutan happy dengan acara ini. Keceriaan itu terlihat dari unggahan video di akun Instagram Menteri BUMN Erick Thohir. Dalam video itu terlihat Menteri Basuki berjoget di atas panggung. Kali ini Pak Bas sapaan akrabnya, berjoget sambil kayang.

Basuki awalnya mengajak Bahlil dan Erick yang berada di atas panggung untuk berhadapan. Keduanya lalu diminta Basuki bergandengan tangan ke atas membentuk lorong. Basuki kemudian melewati tangan Bahlil dan Erick. Diiringi lagu Rungkad, Basuki berjalan sambil kayang dan berjoget

Melihat tingkah Pak Bas, Erick dan Bahlil tertawa ngakak. Mereka kemudian telihat joget bersama.

Baca juga : Heboh Menteri Nampar Wamen Dibantah Presiden dan Menteri

Sebelum meninggalkan IKN, Jokowi kembali melanjutkan agendanya, kemarin. Jokowi memulai kegiatan dengan mengajak para menteri sarapan bersama. Hadir sejumlah menteri yang turut bermalam di IKN seperti Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

Jokowi dan para menteri pun tampak akrab berbincang sambil menikmati teh dan kopi hangat di tengah udara sejuk setelah hujan di IKN. Jarang-jarang melihat presiden dan para menterinya sarapan bareng di tengah hutan.

Agenda pertama Jokowi adalah melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Hotel Vasanta di kawasan IKN. Jokowi menegaskan, pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja, tetapi juga oleh dunia usaha. Ini merupakan groundbreaking hotel kedua di kawasan IKN setelah Hotel Nusantara pada dua hari lalu.

Jokowi pun meminta agar setiap bulan dilakukan prosesi peletakan batu pertama untuk berbagai proyek di IKN. “Setiap bulan harus ada groundbreaking berikutnya dan saya akan datang ke sini setiap bulan, dan jadwalnya memang sudah ada di Kepala Otorita (IKN),” ungkapnya.

Dengan adanya berbagai peletakan batu pertama tersebut, Kepala Negara berharap akan menjadi motor percepatan pembangunan IKN. Presiden juga berharap akan makin banyak fasilitas dan infrastruktur yang dibangun di IKN, baik hotel, rumah sakit, universitas, hingga taman safari.

“Tadi malam juga kita bicara untuk taman safari dan lain-lain akan segera dimulai di Ibu Kota Nusantara,” imbuhnya.

Baca juga : Pesut Etam Menanti Pemain Timnas Kembali

Di akhir sambutannya, Jokowi pun mengapresiasi para investor yang mau menanamkan modalnya di IKN. Presiden meyakini bahwa para investor sudah melakukan kalkulasi bisnis yang baik dalam berinvestasi.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para investor yang telah menanamkan modalnya. Saya rasa mereka menanamkan modalnya di sini sudah melalui kalkulasi yang matang karena ini bukan investasi sia-sia, pasti mereka mau untung,” pungkasnya.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.