Dark/Light Mode

Hari Ini Diresmikan Jokowi

Yes! Kereta ‘Whoosh’ Kantongi Izin Operasi

Senin, 2 Oktober 2023 07:20 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) meninjau gerbong Kereta Cepat Jakarta-Bandung saat uji coba rute Bandung-Jakarta, Rabu (13/9/2023). (Foto: Antara)
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) meninjau gerbong Kereta Cepat Jakarta-Bandung saat uji coba rute Bandung-Jakarta, Rabu (13/9/2023). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan, telah menerbitkan izin operasi sarana perkeretaapian umum untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung. PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengonfirmasi, Kereta Cepat ‘Whoosh’ Indonesia, diresmikan oleh Presiden Jokowi hari ini.

Jadi, Whoosh ini secara prose­dural telah memenuhi aspek kelaikan operasional. Men­teri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelas­kan, izin operasi tersebut telah dikeluarkan pada Selasa (26/9) lalu. BKS -sapaan akrab Budi Karya Sumadi- menuturkan, izin operasi ini dikeluarkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 114 Tahun 2023 tentang Izin Operasi Sarana Perkeretaapian Umum PT Kereta Api Indonesia-China.

“Alhamdulillah, seluruh kom­ponen pengujian dan sertifikasi telah dilaksanakan sehingga su­rat izin operasi ini dapat diter­bitkan dan operasi komersial Kereta Cepat Jakarta-Bandung dapat segera dilakukan,” ungkap BKS dalam dalam keterangan resminya, kemarin.

Baca juga : Harga Beras Naik, Ini Langkah Jitu Yang Disiapkan Jokowi Agar Tetap Stabil

Menhub memastikan opera­sional akan dilakukan secara bertahap untuk terus dilakukan evaluasi sampai dengan skenario ultimate hingga 68 perjalanan per hari. Selain itu, untuk mem­permudah penumpang mencapai Kota Bandung, telah disiapkan juga KA Feeder dari Stasiun Padalarang menuju Stasiun Bandung.

Eks Dirut Angkasa Pura ll mengatakan, operasional secara bertahap dilakukan untuk mem­beri ruang kepada operator agar dapat menyesuaikan diri dan memaksimalkan pelayanan.

Kemudian, akan ada tarif pro­mo pada awal operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung untuk menarik minat masyarakat. Ia berharap, setelah dikeluarkannya izin operasi, pihak PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) selaku operator dapat menyiapkan operasi komersial yang akan diresmikan oleh Presiden Jokowi.

Baca juga : Wajah Baru TMII Diresmikan, Erick Sebut 3 Kandungan Filosofi

“Semoga Kereta Cepat Jakarta-Bandung dapat dimanfaat­kan oleh masyarakat umum dan membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi bangsa,” pungkasnya.

Sementara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan Presiden Joko Widodo akan meresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung hari ini.

Luhut mengatakan, peresmian moda transportasi hasil kerja sama Indonesia dan China itu hanya akan dihadiri Jokowi tanpa Presiden China, Xi Jinping.

Baca juga : Jokowi Kepingin, Masyarakat Berbondong-Bondong Naik LRT Jabodebek

“Xi Jinping nggak hadir, Presiden Jokowi aja. Nanti keduanya tentu akan membuat pernyataan resmi bersama, karena ini kan proyek dua negara yang bisa berjalan dengan ba­gus,” katanya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 2/10/2023 dengan judul Hari Ini Diresmikan Jokowi, Yes! Kereta ‘Whoosh’ Kantongi Izin Operasi

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.