Dark/Light Mode

Basarnas Punya Nakhoda Baru

BKS Dorong Inovasi Teknologi

Kamis, 5 Oktober 2023 07:20 WIB
Menteri Perhubungan Menhub Budi Karya Sumadi melantik Marsdya TNI Kusworo sebagai Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas) di Gedung Kementerian Perhubungan, Rabu (04/10/2023). (Foto: Dok. Basarnas)
Menteri Perhubungan Menhub Budi Karya Sumadi melantik Marsdya TNI Kusworo sebagai Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas) di Gedung Kementerian Perhubungan, Rabu (04/10/2023). (Foto: Dok. Basarnas)

 Sebelumnya 
Selain itu, juga mampu berkolaborasi dengan seluruh pihak seperti Kemenhub, TNI, Polri dan unsur lainnya.

Pada kesempatan sama, Kus­woro siap menjalankan amanah yang diberikan kepadanya.

“Sebagai prajurit, saya siap melaksanakan tugas sebagai Kabasarnas,” tegas Kusworo.

Baca juga : National EMOS Talkshow Dukung Transformasi Teknologi Kesehatan

Setelah pelantikan, perwira bintang tiga lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1988 itu langsung menuju Kantor Pusat Basarnas di Kemayoran, Jakarta Pusat untuk mengikuti seremoni penyambutan pimpinan baru.

Setelahnya, Kusworo lang­sung memimpin briefing se­cara hybrid di Ruang Serba Guna Dono Indarto Gedung Basarnas bersama seluruh jajaran pegawai di Kantor Pusat Basarnas dan kepada para pegawai Unit Pelak­sana Teknis (UPT)di seluruh Indonesia secara online.

“Ada beberapa poin penting yang saya sampaikan pada pengarahan perdana saya ke­pada seluruh jajaran di ling­kungan Basarnas terkait tugas dan fungsi Basarnas dalam penyelenggaraan operasi SAR,” bebernya.

Baca juga : Demi Ganjar Menang, Ganjaran Buruh Berjuang Ekspansi Ke Yogyakarta

Kusworo menjelaskan, visinya adalah mewujudkan penyelenggaraan pencarian dan pertolongan yang handal dan efektif dalam rangka menuju Indonesia maju, berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berlandaskan semangat gotong royong.

Sementara, misinya yang pertama adalah menyelenggarakan operasi pencarian dan pertolongan yang efektif, terintegrasi dan berstandar internasional.

Dia juga akan menguatkan sistem penyelenggaraan pen­carian dan pertolongan melalui pemenuhan kebutuhan SDM, sarana prasarana dan sistem komunikasi, pengitegrasian pencarian dan pertolongan, serta penguatan kelembagaan.

Baca juga : Alasan PBB Dukung Prabowo-Yusril: Punya Wawasan Dan Koneksi Internasional

Untuk diketahui, Marsekal Muda TNI Kusworo dilantik sebagai Kepala Basarnas ber­dasarkan Surat Keputusan (SK) Presiden Nomor 135/TPA Tahun 2023 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Utama di lingkungan Badan Nasional Pencarian dan Perto­longan.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis 5/10/2023 dengan judul Basarnas Punya Nakhoda Baru, BKS Dorong Inovasi Teknologi

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.