Dark/Light Mode

Basarnas Punya Nakhoda Baru

BKS Dorong Inovasi Teknologi

Kamis, 5 Oktober 2023 07:20 WIB
Menteri Perhubungan Menhub Budi Karya Sumadi melantik Marsdya TNI Kusworo sebagai Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas) di Gedung Kementerian Perhubungan, Rabu (04/10/2023). (Foto: Dok. Basarnas)
Menteri Perhubungan Menhub Budi Karya Sumadi melantik Marsdya TNI Kusworo sebagai Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas) di Gedung Kementerian Perhubungan, Rabu (04/10/2023). (Foto: Dok. Basarnas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) punya nakhoda baru. Marsekal Muda TNI Kusworo secara resmi dilantik, kemarin, menggantikan Marsekal Madya TNI (Purn) Henri Alfiandi yang pensiun dan terjerat dugaan kasus suap di lingkungan Basarnas.

Kusworo dilantik langsung Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Kantor Kementerian Perhubungan (Ke­menhub) Jakarta.

Baca juga : National EMOS Talkshow Dukung Transformasi Teknologi Kesehatan

BKS-sapaan Budi Karya Sumadi, berharap Basarnas di bawah kepemimpinan Kus­woro diharapkan memperkuat upaya pencarian dan pertolongan dengan berbagai inovasi dan penguatan.

“Basarnas harus punya ino­vasi yang memanfaatkan teknologi, meningkatkan kompe­tensi Sumber Daya Manusia (SDM), memperkuat sinergi dan kolaborasi serta memperkuat pencegahan, mitigasi dan anti­sipasi kebencanaan,” kata BKS, usai pelantikan.

Baca juga : Demi Ganjar Menang, Ganjaran Buruh Berjuang Ekspansi Ke Yogyakarta

Menurutnya, tugas yang di­bebankan kepada Basarnas ter­golong berat, yakni menyela­matkan setiap jiwa dari risiko bencana dan kedaruratan dalam situasi apa pun.

Menurutnya, operasi SAR saat ini sangat membutuhkan penanganan yang cepat.

Baca juga : Alasan PBB Dukung Prabowo-Yusril: Punya Wawasan Dan Koneksi Internasional

“Reputasi kinerja Basarnas selama ini sudah diakui, baik di dalam maupun di luar negeri. Saya percaya Marsdya Kus­woro mampu melaksanakan amanah tersebut sekaligus men­jawab tantangan Basarnas ke depan yang semakin kompleks,” ujarnya.

Eks Dirut Angkasa Pura ll ini meminta agar Kepala Basarnas berkomitmen menjaga amanah dan integritas dalam pelaksanaan tugasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.