Dark/Light Mode

Jokowi: Kalau Setiap Pemilu Saling Benci, Kapan Indonesia Jadi Bangsa Besar?

Sabtu, 7 Oktober 2023 13:30 WIB
Jokowi: Kalau Setiap Pemilu Saling Benci, Kapan Indonesia Jadi Bangsa Besar?

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menyampaikan harapannya, agar Pemilu 2024 berjalan damai. Tidak ada lagi yang namanya ujaran kebencian. Tidak ada lagi yang namanya hoax, kabar bohong.

“Pemilu harus kita jalani dengan riang dan gembira. Setuju? Karena setiap lima tahun itu, pemilu ada terus, ada terus. Kalau setiap pemilu saling membenci, saling menfitnah, kapan bangsa ini akan menjadi bangsa yang besar?” kata Jokowi dalam acara Konsolidasi Nasional Jaringan Relawan Alap-Alap Jokowi di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Sabtu (7/10/2023).

Baca juga : Kemlu Benarkan Malaysia Surati Indonesia Soal Kabut Asap, Begini Isinya

Bangsa yang besar, kata Jokowi, adalah bangsa yang kuat persatuannya. Sehingga, kalau kita mencita-citakan Indonesia sebagai negara besar, kerukunan di antara kita harus diperkuat.

“Jangan sampai, Pemilu membuat kita terpecah belah, setuju? Saya kadang suka geleng-geleng, Masyarakat di bawah masih rame, pemimpin di atas sudah ngopi-ngopi bareng. Yang di atas sudah makan bersama, yang di bawah masih ngusel rame,” papar Presiden ke-7 RI ini.

Baca juga : SIM Keliling Bekasi Kamis 5 Oktober Hadir Di Bekasi Cyber Park

Untuk itu, Jokowi meminta bantuan relawan agar turun tangan menghadapi masalah ini. 

“Tolong, saya minta bantuan Bapak Ibu relawan, agar seluruh relawan ini menjadi sistem pendingin yang membuat suasana adem di bawah. Setuju?” tutur Jokowi.

Baca juga : Le Minerale Bantu Pemulihan Anak-aanak di Rumah Harapan Indonesia

”Jadi, kalau ada yang sedikit panas panas, segera disiram air, biar dingin. Kalau ada ribut-ribut kecil, segera didinginkan. Diberi wejangan, diberi tahu, bahwa pemilu akan terus ada setiap lima tahun,” tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.