Dark/Light Mode

Bantu Warga Wamena Mengungsi, Kemenhub Siapkan Jalur Laut

Senin, 30 September 2019 13:55 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto: Kemenhub)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto: Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selain jalur udara, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan jalur laut untuk membantu warga pendatang di Wamena, Papua, mengungsi.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan, Bandara Wamena tetap beroperasi walaupun hanya pesawat-pesawat tertentu saja yang bisa terbang dan mendarat. “Memang pesawatnya terbatas. Hanya pesawat-pesawat militer. Tapi, sejauh ini berlangsung dengan baik," katanya kepada Rakyat Merdeka disela-sela acara 12th Cooperation Forum di Semarang, Jawa Tengah, Senin (30/9).

Baca juga : Bantu Warga Hadapi Dampak Karhutla, AP II Bagikan Masker dan Obat-obatan

Saat ini, kata Menhub, disiapkan juga jalur laut untuk mengakut penumpang yang ingin keluar dari Wamena. Beberapa kapal seperti kapal Pelni dan kapal patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP).

“Kita siapkan lewat laut karena pesawat yang terbatas di Wamena. Sudah disiapkan terutama di Pelabuhan Jayapura," jelasnya.

Baca juga : Perkuat Daya Saing SDM, Kemnaker Adakan Pelatihan Vokasi

Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub, R. Agus. H. Purnomo mengatakan, ada peningkatan jumlah penumpang yang ingin melakukan penyebrangan. Untuk itu, Kemenhub telah menyiapkan beberapa kapal untuk membantu pengungsi keluar Wamena.

“Kami menyiapkan 2 kapal KPLP yakni Gandiwa dan Kalawai dengan kapasitas 150 penumpang,” ujarnya.

Baca juga : Kantor PLN Wamena Jadi Korban Demo Rusuh

Sementara untuk rute pelayaran, disiapkan ke Manokwari bahkan hingga pelayaran ke Makassar. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.