Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Bappenas Minta Peserta Pemilu Susun Program Sejalan RPJPN 2025 - 2045

Senin, 9 Oktober 2023 17:54 WIB
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa saat sosialisasi RPJPN 2025-2045 di Kantor Bappenas, Menteng, Jakarta, Senin (9/10). (Foto: Istimewa)
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa saat sosialisasi RPJPN 2025-2045 di Kantor Bappenas, Menteng, Jakarta, Senin (9/10). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Suharso Monoarfa meminta peserta Pemilu menyusun visi-misi dan program, dengan mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045.

Kata Harso, partai politik, termasuk Capres-Cawapres yang diusung harus memahami perencanaan pembangunan nasional yang diamanatkan Visi Indonesia Emas 2045. Sebab, hal tersebut sejalan dengan Peraturan KPU Nomor 15/2023 tentang Kampanye Pemilu.

Baca juga : Lestari: Pesta Demokrasi Harus Junjung Tinggi Kesetaraan Dan Keadilan

"Bappenas dan KPU terbuka kalau ada dari teman-teman dari partai politik memerlukan penjelasan yang lebih detail, lebih rinci, kantor kami terbuka," kata Harso yang didampingi Ketua KPU Hasyim Asy'ari dalam acara sosialisasi RPJPN 2025-2045 dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Teknokratik 2025-2029 di Kantor Bappenas, Menteng, Jakarta, Senin (9/10).

Kata Harso, peserta Pemilu harus memastikan pemilihan prioritas program selaras dengan koridor-koridor pembangunan. Sehingga program bersifat konkret dan deliverable.

Baca juga : Siap Sukseskan Pemilu 2024, PPP Tawarkan Program Nyata

"Mudah-mudahan, ini menjadi basis bagi semua partai politik dengan ruang kreasi seluas-luasnya," ungkapnya.

Menurut mantan Ketua Umum PPP itu, visi Indonesia Emas 2045 yaitu memiliki target agar pendapatan per kapita Indonesia setara dengan negara maju.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.