Dark/Light Mode

Bappenas Minta Peserta Pemilu Susun Program Sejalan RPJPN 2025 - 2045

Senin, 9 Oktober 2023 17:54 WIB
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa saat sosialisasi RPJPN 2025-2045 di Kantor Bappenas, Menteng, Jakarta, Senin (9/10). (Foto: Istimewa)
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa saat sosialisasi RPJPN 2025-2045 di Kantor Bappenas, Menteng, Jakarta, Senin (9/10). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Alhasil, angka kemiskinan menurun hingga 0 persen dan ketimpangan berkurang. Target lainnya yaitu kepemimpinan dan pengaruh di dunia internasional meningkat.

Selain itu, daya saing sumber daya manusia meningkat serta intensitas gas rumah kaca menurun menuju net zero emission.

Baca juga : Lestari: Pesta Demokrasi Harus Junjung Tinggi Kesetaraan Dan Keadilan

"RPJPN 2025-2045 juga memuat 20 upaya transformatif super prioritas yang perlu dikawal oleh seluruh pelaku pembangunan hingga 20 tahun ke depan,” jelas Suharso.

Lebih lanjut Suharso menjelaskan, RPJMN 2025-2029 Teknokratik menjadi tahapan pembangunan pertama dalam RPJPN 2025-2045.

Baca juga : Siap Sukseskan Pemilu 2024, PPP Tawarkan Program Nyata

Tujuannya untuk memperkuat fondasi transformasi yaitu Transformasi Sosial, Transformasi Ekonomi, Transformasi Tata Kelola, serta Landasan Transformasi, yaitu pada Supremasi Hukum, Stabilitas dan Kepemimpinan Indonesia, serta Ketahanan Sosial Budaya dan Ekologi.

"RPJMN 2025-2029 berperan sebagai panduan perencanaan pembangunan nasional, termasuk pendanaan dan indikatifnya, penugasan kinerja kementerian, lembaga, BUMN, dan Pemerintah Daerah, serta sebagai dasar sinkronisasi RKP Pusat dan Daerah,” ujar Suharso.

Baca juga : Pj Bupati Muba Segera Luncurkan Program Bantu Umak

Diketahui, selain dihadiri KPU, acara ini juga turut mengundang Bawaslu dan partai politik peserta Pemilu. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.